-->

Iklan

Cara Efektif Mempelajari Apapun dengan Metode Pembelajaran Elon Musk, Pendiri Tesla, Inc

14 Januari, 2021, 21.09 WIB Last Updated 2021-01-14T14:09:11Z

Sumber Kompas

TESLA, Inc merupakan salah satu perusahaan otomotif dan penyimpanan energi terbarukan terbesar didunia asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Elon Musk dan beberapa rekannya. Perusahaan ini memiliki spesialisasi di mobil listrik, komponen mesin, dan juga memproduksi perangkat pengisi ulang baterai.

Kesuksesan Elon Musk dalam mendirikan Tesla, Inc tidak terlepas dari semangat belajarnya. Pendiri Tesla dan SpaceX dapat belajar dengan cepat dan efektif. Selain kendaraan listrik, Elon Musk memiliki banyak inovasi yang merupakan hasil pembelajaran selama bertahun-tahun. Seperti yang kita ketahui bersama Elon Musk bisa belajar dengan cepat di segala bidang.Selain cepat, Musk juga bisa belajar dengan efektif. Anda bisa mencoba metode pembelajaran ini bagi pemilik Tesla, khususnya pelajar. 

Lihat bagaimana Elon Musk belajar secara efisien dari kompilasi apapun dari Business Insider dan Goalcast.


Menerapkan Metode First Principle


Menurut Elon Musk, ilmu itu seperti pohon. Untuk mencapai daunnya, Anda perlu memahami akarnya terlebih dahulu. Metode ini disebut first principle. First principle pertama kali dikemukakan oleh filsuf Yunani Aristoteles. First principle adalah dasar utama untuk mengetahui. Dengan metode ini, Anda dapat belajar dan melakukan apa saja secara sistematis. Metode pembelajaran ini digunakan oleh Elon Musk. Oleh karena itu, Musk dapat mempelajari apa pun dengan lebih cepat dan lebih efektif.


Suka Membaca Buku Apapun


Hampir semua miliarder di dunia memiliki hobi yang sama, yaitu membaca. Bill Gates membaca setidaknya 50 buku setiap tahun. Sementara itu, Warren Buffett menghabiskan waktunya dengan membaca 500 halaman sehari.


Elon Musk juga suka membaca. Elon Musk menyukai membaca sejak dia masih kecil. Tidak hanya buku yang melibatkan kecerdasan buatan, tetapi juga berbagai buku. Elon Musk membaca tanpa pilih-pilih. Ini karena apa yang Anda pelajari mungkin terkait dengan acara mendatang.


Teknik pembelajaran ini disebut transfer pembelajaran atau transfer materi. Metode pembelajaran ini sangat efektif untuk mengembangkan pemikiran kreatif. Tesla Motors adalah contohnya. Mobil listrik produksi Elon Musk ini memadukan mesin dan teknologi kelistrikan.


Bergaul dengan orang pintar 


Lingkungan juga mempengaruhi gaya pengembangan Anda. Elon Musk mengetahui hal ini dengan sangat baik. Saat menciptakan SpaceX, Musk berteman dengan para profesional pesawat luar angkasa. Jika Anda ingin belajar lebih efektif di suatu bidang, bertemanlah dengan orang yang mengetahui bidang tersebut. Diskusikan apa yang ingin Anda ketahui dan carilah saran untuk perbaikan.


Penulis: Ferdian Ruliansyah (Mahasiswa Teknik elektro Universitas Malikussaleh)

Komentar

Tampilkan

Terkini