-->

Iklan

Daun Kelor, Obat Ajaib Sembuhkan Asam Lambung Hingga Diabetes

08 Januari, 2021, 08.54 WIB Last Updated 2021-01-08T01:54:00Z

Daun kelor merupakan tumbuhan khas Tropis yang dikenal sebagai obat ajaib dan mujarab untuk smebuhkan berbagai masalah penyakit seperti sembuhkan asam lambung dan cegah penyakit kanker.* /Pixabay.com/Svibhandik/


LINTAS ATJEH | BANYUWANGI – Daun kelor merupakan salah satu tanaman ajaib yang bisa dijadikan obat untuk membantu menyembuhkan berbagai masalah kesehatan, seperti sembuhkan asam lambung hingga tingginya kadar gula darah akibat diabetes.


Jika berbicara soal daun kelor, memang tidak akan pernah ada habisnya jika membahasa manfaatnya, karena mungkin Anda sudah tidak asing dan heran lagi.


Sejak dulu, maanfaat daun kelor tidak perlu dipertanyakan lagi. Tanaman ini juga sudah dikenal sebagai tumbuhan obat herbal yang baik untuk menjaga tekanan darah hingga cegah penyakit berbahaya seperti kanker.


Daun kelor atau Moringa oleifera merupakan tanaman tropis khas India yang hingga saat ini telah menyebar ke berbagai negara yang banyak dicari.


Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki jenis tumbuhan ajaib ini, dan nyatanya tumbuhan khas tropis ini banyak dicari sebagai ramuan herbal.


Tak hanya di Indonesia, daun kalor telah banyak dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional di berbagai negara termasuk di negara asalnya, di India.


Miliki bentuk dan aroma daunnya yang khas, tumbuhan khas tropis ini jadi incaran karena dinilai mampu sembuhkan penyakit serius seperti diabetes hingga menjadi obat untuk sembuhkan asam lambung.


Dilansir Ringtimesbanyuwangi.com dari berbagai sumber pada 7 Januari 2021, dalam sekitar 2 gram daun kelor mengandung 14 kalori; 2 gram protein; 1,8-2 gram karbohidrat; 0,8 miligram zat besi; 8,8 miligram magnesium; 70 miligram kalium; 38-40 miligram kalsium; 11 miligram vitamin C; 600 IU vitamin A; 8,5 mikrogram folat


Selain beragam nutrisi di atas, daun kelor juga mengandung vitamin B, serat, fosfor, selenium, zinc, dan tembaga. Daun kelor juga mengandung banyak antioksidan, seperti polifenol.


Dari beragam nutrisi dan berbagai senyawa aktif di dalamnya, daun kelor cukup efektif untuk obat penyakit asam lambung dan diabetes.


Cara mengolah daun kelor untuk mengobati asam lambung:


1. Siapkan daun kelor hijau tua yang telah dikeringkan terlebih dahulu.


2. Jangan sampai menjemur daun kelor dengan cara diopen maupun langsung oleh sinar matahari.


3. Setelah siap, tumbuk daun kelor tersebut hingga benar-benar halus.


4. Jika sudah benar halus, simpan tumbukan di dalam wadah kering yang tertutup rapat.


5. Lalu seduh tumbukan daun kelor tersebut secara rutin setiap harinya.


Cara mengolah daun kelor untuk mengobati diabetes dari rumah:


1. Siapkan 10 -15 gr daun kelor, biasanya segenggaman tangan


2. Cucilah daun kelor sampai bersih, namun jangan di remas supaya daun kelor tetap segar


3. Rebuslah daun kelor, kalau bisa menggunakan alat yang terbuat dari gerabah


4. Masukan bersama dengan 3 air gelas dan tunggu hingga mendidih dan sampai air menyusut tinggal 1 gelas saja.


5. Kemudian setelah itu masukan lagi 3 gelas air dan kemudian tunggu hingga air menyusut hingga 1 gelas air lagi.


6. Setelah matang kemudian angkat dan saring, tunggu sampai hangat dan setelah itu minumlah secara rutin 3 kali sehari masing-masing satu gelas.


Itulah kedua cara yang dapat Anda praktikkan di rumah untuk mengobati tingginya kadar asam lambung hingga mengobati diabetes.[ringtimesbanyuwangi]

Komentar

Tampilkan

Terkini