-->

Iklan

Pemanfaatan Hasil Limbah Kertas

15 Januari, 2021, 03.50 WIB Last Updated 2021-01-14T20:50:25Z

PADA UMUMNYA sampah kertas banyak dibuang begitu saja dan tidak dimanfaatkan. Penumpukan sampah kertas tentu saja memberikan dampak buruk bagi lingkungan, baik dari segi keindahan maupun kesehatan.

Kertas merupakan salah satu kebutuhan manusia dalam kegiatan sehari-hari, sehingga pemakaian kertas setiap harinya berjumlah sangat besar. Kebutuhan kertas yang berjumlah besar itu selain mendorong produksi industri, kertas ternyata juga menimbulkan masalah-masalah lain seperti masalah lingkungan yang di dalamnya mencakup masalah-masalah penebangan pohon di hutan, sampah, pencemaran air dan udara.


Metode daur ulang kertas dapat digunakan sebagai solusi pemanfaatan kertas bekas agar dapat mengurangi dampak buruknya terhadap lingkungan. Sampah kertas pada saat sekarang ini sebagian besar masih dipandang sebagai limbah lingkungan yang tidak berguna dan banyak menumpuk. Hal seperti ini berpotensi buruk bagi lingkungan sekitar seperti kebersihan yang tidak terjaga karena sampah kertas yang dibuang dengan asal. Pemanasan global dapat terus meningkat diakibatkan oleh sampah kertas yang dibakar. Sudut pandang terhadap sampah kertas demikian harus diubah. Sampah kertas dapat dimanfaatkan kembali sebagai kertas yang layak pakai sebagai kertas tulis ataupun kertas untuk kerajinan tangan.


Kertas daur ulang dapat menjadi salah satu solusi untuk menjaga lingkungan. sebab pembuatan kertas daur ulang selain dapat dibuat dan serat alami dapat pula menggunakan kertas yang sudah menjadi limbah yang kemudian diubah menjadi selembar kertas baru maupun menjadi suatu benda yang mempunyai nilai jual.


Penulis: Baydarus (Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Malikussaleh)

Komentar

Tampilkan

Terkini