-->

Iklan

Ternyata Tanaman Hias Bunga Pukul Sembilan Miliki Banyak Khasiat

12 Januari, 2021, 09.26 WIB Last Updated 2021-01-12T02:26:51Z


Bunga Pukul Sembilan/ekor9


LINTAS ATJEH | PALOPO - Bunga Pukul Sembilan, merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sering dianggap sebagai gulma, lantara pertumbuhannya yang cepat. Namun banyak yang tidak tahu, jika Bunga Pukul Sembilan miliki segudang manfaat untuk kesehatan.


Portulaka atau Bunga Pukul Sembilan merupakan tanaman hias yang berasal dari Amerika Selatan (Argentina, Brasil, dan Urugay) yang kemudian tersebar ke berbagai tempat di dunia termasuk Indonesia. Tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.


Di Indonesia, berbagai jenis Portulaca disebut sebagai krokot. Sedangkan nama bunga pukul sembilan diambil kerena kebiasaan bunga ini yang mulai mekar pada sekitar pukul sembilan pagi. Meski terkadang dianggap sebagai gulma, namun banyak manfaat bagi kesehatan. Penasaran apa saja manfaatnya? simak ulasan lengkap dibawah ini.


1. Menyembuh Bisul dan Korengan


Koreng bekas luka sulit untuk hilang, Anda bisa mencoba memakai ramuan bunga ini untuk mengobati. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengambil beberapa bunga pukul Sembilan, kemudian giling tangkai bunga pukul sembilan dan tempelkan gilingan tersebut pada bagian tubuh yang mengalami koreng atau bisul.


2. Menyembuhkan Hepatitis


Konsumsi rebusan bunga pukul Sembilan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari Caranya adalah dengan mengambil bunga pukul Sembilan sekira 30 gram, kemudian giling hingga halus dan peras airnya dengan memakai sepotong kain bersih lalu air yang telah terkumpul tersebut dapat langsung diminum.


3. Mencegah Penyakit Eksim


Penyakit eksim pada umumnya dialami oleh bayi, ini dapat diatasi dengan mengolesi bunga pukul Sembilan pada bagian tubuh yang sakit. Kandungan alami dari bunga ini sangat aman untuk kulit bayi.


4. Sakit Kepala


Sakit kepala yang begitu mengganggu dalam berkatifitas setiap harinya dapat diobati dengan mengkonsumsi air rendaman dari bunga krokot.


Rendam bunga tersebut dalam air panas, atau merebusnya dalam air mendidih, kemudian anda bisa mengkonsumsi air rebusan tersebut setelah dingin. Jika anda merendamnya maka membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 15 menit. Konsumsi air rebusan sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.


5. Cegah Hipertensi


Hipertensi merupakan penyakit yang saat ini banyak dialami orang. Untuk melakukan pencegahan dan mengatasi penyakit tersebut, Anda bisa mengkonsumsi bunga krokot. Bunga ini dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat menghambat terjadinya pembekuann darah.


6. Sakit Tenggorokan


Dengan mengkonsumsi bunga ini rasa nyeri yang dirasakan saat sakit tenggorokan dapat berkurang dan perlahan hilang. Caranya adalah, bunga pukul Sembilan digiling hingga menjadi halus, kemudian campur gilingan bunga tersebut dengan air.


Pakailah air campuran bunga krokot sebagai obat kumur sehingga dapat mengatasi sakit tenggorokan. Untuk hasil yang maksimal lakukan secara rutin setiap hari.


7. Rematik


Aliran darah yang tidak lancar dapat menimbulkan beberapa penyakit. Selain bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan juga dapat digunakan sebagai obat untuk memperlancar aliran darah dan memiliki sifat tonik penguat bagi tubuh.


Dikarenakan bunga krokot ini memiliki kandungan fosfor, kalsium, dan zat besi maka bermanfaat juga untuk mengatasi nyeri pada persendian Anda.


8. Obat Memar


Selain dapat mengatasi penyakit dalam, bunga ini juga dapat mengobati memar dan menghilangkan rasa sakit akibat memar.


Apabila anda menggunakan bunga pukul sembilan ini sebagai obat dalam, maka cara membuat rambuannya cukup mudah.


Caranya siapkan bunga pukul sembilan bagian tangkai, daun dan bunganya sekitar 15 – 30 gram yang direbus dengan beberapa cc air hingga mendidih.


Setelah mendidih Anda bisa mengangkat dan menunggunya hingga dingin. Setelah dingin air rebusan dapat disaring dan diminum sekita 2 hingga 3 kali setiap harinya.


Selain dikonsumsi, air rebusannya bisa juga dibuat jus lalu langsung diminum. Apabila kurang suka rasa atau baunya menyengat, maka dapat dicampur dengan buah atau ditambah dengan sedikit gula agar terasa lebih enak.


Jika Anda ingin menggunakan bunga pukul sembilan sebagai obat luar, caranya cukup mudah, siapkan dan cuci beberapa gram bunga, daun serta tangkai dari bunga pukul sembilan.


Giling bunga tersebut hingga halus, selanjutnya tempelkan hasil penggilingan halus tersebut pada bagian yang sakit. Seperti misalnya pada bisul, sakit bekas gigitan serangga, memar, ataupun koreng. Air perasan dari tumbukan bunga ini dapat juga dipakai untuk mencuci muka dan mengkompres eksim dan luka bakar.


Sahabat Jurnal Palopo, itulah penjelasan tentang manfaat tanaman hias bunga pukul sembilan bagi kesehatan yang jarang orang ketahui. Anda bisa mencoba untuk melakukan dirumah, karena cara pengolahannya cukup mudah.[jurnalpalopo]

Komentar

Tampilkan

Terkini