-->

Iklan

Bupati Mursil: Manfaatkan Musrenbang Dalam Menyusun Skala Prioritas Pembangunan Daerah

17 Februari, 2021, 21.59 WIB Last Updated 2021-02-18T00:14:54Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2022 Kecamatan Karang Baru di Aula Bappeda, Rabu (17/02/2021). 


Ini adalah pelaksanaan Musrenbang ketiga yang dibuka langsung oleh Bupati Aceh Tamiang, setelah Musrenbang Kecamatan Tenggulun dan Rantau.

Dalam arahannya, Bupati Aceh Tamiang memberikan apresiasi terhadap Kecamatan Karang Baru terhadap kesiapan pelaksanaan Musrenbang Tahun 2022.

"Saya apresiasi kepada Kacamatan Karang Baru akan pelaksanaan Musrenbang yang sangat siap, rame dan meriah. Ini membuktikan bahwa Camat Karang Baru tidak main-main memfasilitasi pelaksanaan Musrenbang demi menampung aspirasi warganya," ungkap Mursil.

Bupati mengawali pembukaan Musrenbang dengan menyampaikan pada Tahun 2020 Aceh menjadi Provinsi Termiskin se-Sumatera 14,53%, sedangkan Tamiang diangka 13,8%.

"Pencapaian kinerja Pemerintah Aceh Tamiang selama 3 tahun ini telah mampu membuat Aceh Tamiang berada jauh dari Aceh secara tingkat kemiskinan. Saat ini tingkat disiplin PNS sudah sangat tinggi, tidak ada lagi PNS yang berada di warung kopi selama jam dinas," ungkap Mursil.

Dalam pada itu, Bupati Mursil juga mengungkapkan agar semua Kepala OPD Aceh Tamiang diwajibkan untuk melakukan inovasi, seperti, BPKD yang telah meluncurkan program SIPD, Inovasi Disdukcapil yang memudahkan masyarakat dalam pembuatan Kartu Keluarga (KK).

Terakhir, sebelum mengakhiri kata sambutan dan membuka Musrenbang, Bupati Mursil memerintahkan kepada camat untuk memprioritaskan program pembangunan diwilayah Kecamatan Karang Baru.

"Bikin skala prioritas pembangunan dan arahkan para datok penghulu untuk membuat surat permohonan perbaikan jalan. Akan tetapi mohon kesabarannya dalam menunggu masa antri proses pengerjaannya," jelas Mursil.

Sementara itu, sebelumnya Camat Karang Baru, Iman Suhery, S.STP, MSP melaporkan bahwa Kecamatan Karang Baru telah melakukan Musrenbang tingkat kampung pada akhir bulan Januari 2021, membahas usulan program prioritas setiap kampungnya.

"Berdasarkan hasil musrenbang tingkat kampung sudah terangkum 272 usulan, yang terdiri dari bidang infrastruktur sebanyak 105 usulan, bidang sosial sebanyak 77 usulan, dan bidang ekonomi sebanyak 90 usulan," ungkap Iman.

Iman juga menyampaikan harapan masyarakat kepada bupati pada bidang infrastruktur berupa adanya pembangunan dan perbaikan jalan dan pada bidang ekonomi dengan diadakannya bantuan pemberian hewan ternak sapi. Selain itu, masyarakat juga berharap adanya pembuatan irigasi dan talud yang berfungsi sabagai pintu air untuk pengairan persawahan.

Tak lupa, Camat Iman Suhery menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Bappeda Aceh Tamiang yang sudah mengizinkan pinjam pakai tempat untuk melaksanakan kegiatan Musrenbang RKPD tahun 2022

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Aceh Tamiang, Drs. Rianto Waris menyampaikan tentang telah ditetapkannya RPJM Kabupaten Aceh Tamiang periode 2017-2022 sebagai landasan secara formal untuk para OPD menyesuaikan perubahan yang sudah ditetapkan akibat adanya perubahan regulasi tentang aturan pelaksanaan perencanaan Nasional.

“Akibat Covid-19 berdampak kepada pendapatan masing-masing daerah, termasuk Aceh Tamiang. Baik dari transfer nasional maupun dari sisi pendapatan asli daerah yang dimiliki mengalami penurunan. Akan terjadi refocusing kembali terhadap dana APBK yang menjadi tantangan bagi kita para pemangku kebijakan," ungkap Rianto Waris.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini