-->

Iklan

Kamu Harus Tahu! Kata Petani Itu Ternyata Singkatan, Ini Kepanjangannya

23 Februari, 2021, 07.34 WIB Last Updated 2021-02-23T00:34:07Z
Ilustrasi petani (Wikimedia Commons)

LINTAS ATJEH | JAKARTA - Ternyata kata petani itu adalah singkatan. Di umur berapa kamu tahu soal fakta petani adalah singkatan dan punya kepanjangan? Tentunya arti kata petani tidak langsung muncul begitu saja, ada sejarah yang melatarinya.

Kata petani sendiri sudah familiar di telinga. Jauh sebelum beredar lagu yang selalu dinyanyikan para mahasiswa saat demo seperti Buruh Tani. Secara luas, petani diartikan sebagai seseorang yang bergerak di bidang pertanian, utamanya dengan cara mengolah tanah dengan tujuan untuk menumbuhkan dan memelihara tanaman (seperti padi, bunga, buah dan lain-lain).

Untuk itu petani berharap hasil tanamnya bisa digunakan sendiri ataupun menjualnya kepada orang lain. Petani juga dapat menyediakan bahan mentah bagi industri, seperti serealia untuk minuman beralkohol, buah untuk jus, dan wol atau kapas untuk penenunan dan pembuatan pakaian.

Jadi petani tidak serta merta dihubungkan dengan padi ya. Begitu juga dengan kata petani yang dianggap berdiri sendiri, padahal itu kepanjangan dari singkatan. Nah, yang perlu kamu tahu, setiap orang bisa menjadi petani, baik itu mengolah lahan milik pribadi atau mempekerjakan buruh tani untuk mengolah lahan pemilik.

Artinya, seseorang disebut petani berdasarkan bidang pekerjaannya, bukan kepemilikan lahannya. Faktanya, banyak sawah dan lahan perkebunan juga hutan di Indonesia. Karenanya, petani dianggap adalah pekerjaan mayoritas orang Indonesia. Saking pentingnya peran petani, Soekarno ingin mengangkat derajat petani untuk melawan penjajah.

Maka dari sana dibuatlah singkatan petani dengan kepanjangan Penyangga Tatanan Negara Indonesia. Istilah petani disampaikan Bung Karno pada 1952 saat menggalakkan swasembada pangan sebagai penjamin stabilitas nasional.

Sekarang sudah mengerti, kan?[ERA.id]
Komentar

Tampilkan

Terkini