-->

Iklan

Syiar: Rasulullah SAW Melarang Mandi di 3 Waktu Ini, Bisa Fatal!

04 Maret, 2021, 08.00 WIB Last Updated 2021-03-04T01:00:05Z
Rasulullah SAW Melarang Mandi di 3 Waktu ini, Paling Patal Bisa Menyebabkan Kematian./ /Pixabay/Olya Adamovich

MANDI merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim dalam menjaga tubuh agar tetap bersih dan segar, mandi tidak hanya berfungsi membersihkan tubuh dari kotoran, tapi juga menyegarkan badan setelah lelah beraktivitas.

Bahkan saat hendak beribadah pun dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu. Akan tetapi, masih ada sebagian orang yang kurang memahami pentingnya mandi, sehingga mereka enggan melakukannya dengan rutin.

Ada sebuah ungkapan yang menyebutkan "Kebersihan sebagian daripada iman". Yang artinya. Dengan menjaga kebersihan, maka tubuh akan menjadi segar dan meningkatkan kualitas iman saat hendak beribadah.

Ada dua hukum mandi yang harus kita ketahui terlebih dahulu, yang pertama adalah wajib. Yakni mandi yang harus dikerjakan oleh seseorang untuk mendapatkan kesucian badannya kembali apabila hendak beribadah.

Hal hal yang mengharuskan mandi wajib diantaranya adalah, setelah selesai menstruasi (bagi wanita), setelah berhubungan badan dengan pasangan, keluarnya cairan (sperma), dan ketika bernadzar.

Yang kedua adalah sunnah, yakni mandi yang hanya merupakan anjuran. Jika dikerjakan bisa mendapatkan pahala, jika tidak dikerjakan insyaallah tidak mendapatkan dosa.

Contoh mandi sunnah diantaranya adalah, mandi dihari jumat, mandi ketika hendak berziarah, dan mandi sunnah saat hendak melaksanakan sholat ied.

Akan tetapi juga perlu diketahui, ada 3 waktu yang sangat tidak dianjurkan untuk mandi, seperti dikutip mantrasukabumi.com dari kanal YouTube @Jamaah Nurul Qolbi pada Rabu, 3 Maret 2021.

Karena jika mandi di waktu ini, ada kemungkinan besar bisa mengganggu kesehatan dalam jangka panjang, Lalu kapan waktu yang dilarang untuk mandi tersebut?.

1. 30 menit Setelah Sholat Ashar

Pada waktu ini, kondisi darah dalam tubuh dalam keadaan panas, Hal ini terjadi dikarenakan aktivitas dari tubuh maupun otak yang meningkat.

Apabila dipaksakan mandi dengan niat untuk menyegarkan tubuh, maka yang terjadi adalah sebaliknya, yakni rasa letih secara berlebihan pada tubuh.

Peredaran darah juga akan menjadi terganggu, bahkan fatalnya bisa menyebabkan kematian secara tiba-tiba karena darah dalam tubuh belum siap untuk menerima rasa dingin dari air.

Apabila kita menyiram air pada kayu yang sedang terbakar. Maka dengan seketika, kayu tersebut akan keras dan menjadi arang.

Ini juga yang terjadi pada darah dalam tubuh kita, apabila saat darah sedang panas, kemudian kita siram dengan air dingin, maka darah akan membeku.

Inilah yang bisa menyebabkan kematian secara tiba tiba, apabila kita hendak mandi di waktu ini, pastikan tubuh telah beristirahat terlebih dulu, setidaknya 15-20 menit.

Ini yang kita sebut dengan pendinginan setelah melalui proses pendinginan, silahkan jika saudaraku semuanya ingin mandi untuk menyegarkan badan.

2. Setelah Maghrib

Menurut ilmu medis, antara jam 6 sore hingga jam 7 malam, kondisi jantung sedang mengalami kelelahan, hal ini dikarenakan padatnya aktivitas selama seharian, sehingga kerja jantung membutuhkan waktu untuk kembali pada detak yang normal.

Apabila memaksakan mandi di waktu tersebut, ada kemungkinan besar akan menyebabkan detak jantung yang tidak normal, mandi pada waktu ini sangat tidak dianjurkan.

Apabila sangat terpaksa untuk mandi setelah maghrib, usahakan mandi diatas jam 7, dan istirahatlah sejenak setelah selesai beraktivtias.

Yang terpenting adalah, hindari untuk selalu mandi malam, karena bisa menyebabkan kestabilan kerja jantung menjadi terganggu. Yang akibatnya bisa menyebabkan kematian.

3. Setelah Isya' Sampai Jam 12 Malam

Pada jam jam ini, adalah jam dimana tubuh kita membutuhkan waktu untuk istirahat total, dan mengembalikan semua organ organ tubuh untuk menstabilkan kinerjanya.

Sehingga jika dipaksakan mandi pada waktu ini, seluruh organ tubuh belum siap untuk menerima siraman air dingin, termasuk dalam hal ini adalah jantung.

Rasulullah SAW telah mengajarkan waktu mandi yang tepat, yakni mandi sbelum memasuki waktu subuh, karena pada waktu tersebut, adalah waktu dimana air sedang banyak mengandung ozon yang cukup tinggi.

Jika kandungan ozon dalam air tinggi, maka akan membuat tubuh menjadi lebih segar, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menyegarkan kulit, sehingga lebih terlihat awet muda.

Usahakan untuk menghindari mandi pada waktu waktu tersebut, apabila memang mendesak dan mengharuskan untuk mandi, setidaknya tubuh telah melalui proses istirahat terlebih dulu.

Hal ini dimaksudkan supaya darah dan organ organ tubuh siap menerima siraman air dari tubuh kita, akan tetapi alangkah lebih baiknya, sebisa mungkin untuk menghindari 3 waktu terlarang tersebut untuk mandi.

Semoga Allah SWT selalu menjaga dan melindungi kita dari segala macam penyakit dan marabahaya. Amin amin yaa robbal alamin.[Mantrasukabumi]
Komentar

Tampilkan

Terkini