-->

Iklan

TP-PKK Aceh Tamiang Mengikuti Peringatan HKG PKK ke-49 yang Digelar Secara Virtual

28 Maret, 2021, 23.43 WIB Last Updated 2021-03-28T16:43:53Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Ketua TP-PKK Aceh Tamiang Dr. Rita Syntia, ST, MM dan Wakil Ketua I TP-PKK Aceh Tamiang  Ernita Hasibuan bersama seluruh anggota TP-PKK Aceh Tamiang mengikuti Peringatan HKG PKK ke-49 secara virtual di Ruang Rapat Bupati Aceh Tamiang, Senin (22/03/2021). 

Berdasarkan informasi yang dihimpun LintasAtjeh.com, Minggu (28/03/2021), peringatan HKG PKK ke-49 tersebut berpusat di Banda Aceh dan diikuti oleh seluruh TP-PKK kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

Sebelum memasuki puncak acara, peringatan HKG diisi dengan serangkaian pembukaan seperti pembacaan ayat suci Al-Qur'an, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKK, selanjutnya pemotongan tumpeng serentak seluruh Kabupaten Kota dan juga pemutaran video PKK Provinsi Aceh. 

Dalam pada itu, secara virtual Ketua TP-PKK Provinsi Aceh Dr. Ir.  Dyah Erti Idawati, MT dalam arahannya menghaturkan banyak terima kasih kepada para TP-PKK se-Aceh. Dyah mengatakan, Peringatkan HKG pada hari ini merupakan puncak acara yang mana sebelumnya serangkaian kegiatan telah dilakukan dalam rangka menyambut Peringatan HKG PKK ini salah satunya yakni mengunjungi rumah sakit, membersihkan pantai, penanaman bunga dan pohon di TPA Blang Bintang, sosialisasi vaksinasi Covid-19 dan lainnya.

"Terima kasih juga saya sampaikan kepada Bapak Bulog yang mana pada hari ini secara formalitas akan memberikan bantuan beras dalam upaya untuk pengurangan stunting di Aceh. Semoga rangkaian kegiatan yang telah kita laksanakan ini dapat memberikan kesan mendalam bagi Tim Penggerak PKK yang ada di Provinsi Kabupaten dan Kecamatan, sehingga HKG ini memberikan dampak yang positif di Aceh," jelasnya.

Selain itu juga, ia mengatakan bahwa dalam satu tahun ini banyak tantangan yang dihadapi selama Pandemi Covid-19. Karena Pandemi yang terjadi tidak hanya berpengaruh pada sektor kesehatan namun pada ekonomi juga. Sehingga segala pokok program setahun ini tidak berjalan efektif. 

Dalam hal ini TP-PKK juga turut andil menggerakkan program pencegahan namun tanpa disadari masih banyak masyarakat yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan salah satunya dalam menggunakan masker.

"Pola dan Gerakan hidup sehat harus dimulai dari keluarga. Oleh karenanya kami menghimbau kepada kader TP-PKK se Aceh agar terlibat secara aktif pada protokol kesehatan. Tantangan kita saat ini masih banyak salah satunya stunting, penguatan PAUD, Sosialisasi anti narkoba dan masih banyak lagi, dan harus kita lakukan mulai pada berbasis keluarga," terangnya.

Terakhir ia menjelaskan adapun peringatan HKG PKK tahun ini mengusung keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju. Oleh karenanya PKK diharapkan menjadi pelopor dalam mewujudkan keluarga berkualitas.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis beras dalam upaya pencegahan stunting yang diserahkan langsung oleh Kepala Bulog Aceh kepada Ketua TP-PKK Provinsi. Selanjutnya Ketua TP-PKK Provinsi menyerahkan langsung kepada PKK Kabupaten Banda Raya dan Aceh Besar.

Diakhir acara, Ketua TP-PKK Aceh mengumumkan pemenang lomba dalam berbagai kategori. Dalam hal ini Kabupaten Aceh Tamiang memenangkan perlombaan dalam beberapa kategori yaitu mendapat juara 1 dalam kategori Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) yakni Kampung Telaga Meuku Kecamatan Banda Mulia.

Selanjutnya dalam kategori UP2K, Kabupaten Aceh Tamiang mendapat juara 3 yakni Kampung Durian Kecamatan Rantau. Sementara itu dalam kategori Hatinya PKK Kabupaten Aceh Tamiang mendapat juara Harapan 2 yakni Kampung Simpang Kiri Kecamatan Tenggulun. Selanjutnya untuk kategori Posyandu Kabupaten Aceh Tamiang mendapat juara 3 yakni Kampung Purwodadi Kecamatan Kejuruan Muda dan terakhir dalam kategori PKK KB KES Kabupaten Aceh Tamiang mendapat juara 1 yakni KB Mawar Puteh Kecamatan Kejuruan Muda.[*/Red]
 

Komentar

Tampilkan

Terkini