-->

Iklan

Mahasiswa Indonesia, Mukhlis Latasi Juarai Kompetisi Shalawat Rasul Internasional di Mesir

18 April, 2021, 14.08 WIB Last Updated 2021-04-18T07:08:59Z
Kawula Muda, satu lagi prestasi anak muda Indonesia di tingkat dunia.

Mahasiswa Indonesia di Mesir, Mukhlis Latasi. (INSTAGRAM/MUKHLIS LATASI)

LINTAS ATJEH | KAIRO - Mahasiswa asal Indonesia, Mukhlis Latasi, mengharumkan nama negara Indonesia dengan memenangi kompetisi Maddah Ar Rasul (Shalawat Rasul) tingkat Internasional di Kairo, Mesir.

Ajang kompetisi tersebut disiarkan melalui stasiun TV Iqra Mesir. Iqra merupakan salah satu saluran televisi ternama di Timur Tengah yang berbasis di Arab Saudi, namun memiliki cabang di beberapa negara, termasuk China, Amerika Utara, dan Kanada.

Dalam acara tersebut, Mukhlis melantunkan shalawat berisi doa dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW dengan sangat merdu dan membuat para juri terpukau.

Pada babak final yang berlangsung pada 11 April 2021, pria berdarah Sulawesi itu berhasil menyabet gelar juara, dengan mengalahkan lima kontestan lain, termasuk Muhammad Akmal Haroun yang berasal dari Mesir (peringkat kedua) dan Abdul Aziz Hussein dari Arab Saudi (peringkat ketiga).

Berkat kemenangan tersebut, Mukhlis membawa pulang hadiah 30.000 riyal Saudi atau sekitar Rp 200 juta.

Mukhlis yang masih berstatus mahasiswa pascasarjana di Universitas Al Azhar Cairo tersebut tidak menyangka akan menjadi juara.

“Saya mengikuti acara ini karena iseng dan coba-coba saja. Saya memberanikan diri setelah diminta oleh guru, Muhammad Yasin asal Syria, yang selama ini melatih nasyid,” kata alumni Pesantren Al-Khairat Kalimantan Utara tersebut, mengutip situs Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Menurut dia, tidak mudah bersaing dengan para peserta yang berasal dari negara-negara seperti Mesir, Arab Saudi, Lebanon, dan Syria, karena bahasa Arab merupakan bahasa ibu mereka. Mukhlis merupakan satu-satunya peserta dari Indonesia.

Juri untuk acara ini juga tidak sembarang orang. Terdapat empat orang juri dalam ajang ini, yang semuanya berasal dari beberapa negara Arab dengan bidang keahlian dan profesi beragam.

Mereka adalah ahli maqamat Dr Taha Abdel Wahab, vokalis Muhammad Yasin Al-Marashli, komentator suara dan media Abdul Rahman Al-Jabarti, dan ahli khotbah Ahmed Al-Talhi.

Lihat cuplikan salah satu penampilan Mukhlis Latasi saat melantunkan shalawat rasul berikut ini.[Pramborsfm]
Komentar

Tampilkan

Terkini