-->

Iklan

Wabup Aceh Tamiang Menerima Mahasiswa KKN Unsam Langsa

02 April, 2021, 18.40 WIB Last Updated 2021-04-02T11:41:08Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Wakil Bupati Aceh Tamiang, HT. Insyafuddin, SH, menerima 100 Mahasiswa Universitas Samudra (Unsam) Langsa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang, Kamis (01/04/2021).

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang mengucapkan selamat datang kepada Mahasiswa/i Unsam peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode I Tahun 2021. Dan terima kasih atas kepercayaan dari Bapak Rektor Universitas Samudra Langsa yang telah memilih Kabupaten Aceh Tamiang, sebagai tempat Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)," tutur Wabup Insyafuddin.

Beliau menuturkan kepada mahasiswa sebagai kaum intelektual dan pembaharuan, harus memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan dan meningkatkan kualitas, sehingga dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi suksesnya pelaksanaan pembangunan.

"Harapan kami kepada para peserta KKN untuk dapat membantu mengurai permasalahan yang ada di masyarakat, dengan melakukan pemberdayaan masyarakat desa menuju peningkatan kesejahteraan sehingga mendorong terjadi perubahan perilaku mahasiswa sebagai agent of change dalam proses perubahan masyarakat untuk menjadi lebih baik," ungkapnya lagi.

Rektor Universitas Samudra Langsa, Dr. Bachtiar Akob, M.Pd dalam pembukaannya menyampaikan pelaksanakan Program KKN ini tetap harus dijalankan meskipun ditengah wabah pandemi Covid-19.

"Dalam situasi pandemi, Unsam sebagai lembaga akademisi tidak memandang keadaan senang ataupun tidak senang. Mengingat Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian) yang harus tetap dijalankan tanpa mengenal waktu. Untuk itu, kami mengirimkan kader mahasiswa yang akan menyelesaikan studi," jelas Bachtiar Akob.

Bachtiar menjelaskan tujuan dilaksanakannya KKN ini sebagai wadah pengujian mahasiswa atas ilmu yang telah ditimba sesuai dengan disiplin ilmu semasa duduk di perkuliahan.

"KKN ini bersifat mutualisme antara mahasiswa dan masyarakat. Mahasiswa akan menerapkan ilmunya untuk membantu masyarakat, dan masyarakat mendapatkan wawasan baru. Mahasiswa ini memiliki ilmu dan akal yang waras. Akan tetapi mereka tetap membutuhkan dukungan dari pemerintah dan masyarakat dalam menjalankan tugas pengabdian mereka," tambahnya.

Terakhir Rektor juga berpesan kepada mahasiswanya untuk tetap menjaga adat istiadat setempat, berkolaborasi antara mahasiswa yang berasal dari jurusan lain agar dapat berbaur dan menyatu dengan masyarakat. Rasa senang yang timbul dimasyarakat merupakan bukti keberhasilan para mahasiswa dalam menerapkan ilmunya selama ini.

Diakhir acara, dilakukan pemasangan secara simbolis atribut KKN kepada mahasiswa oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang didampingi Rektor Unsam serta pemberian Plakat dari Rektor Unsam kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang.[*/Red]


Komentar

Tampilkan

Terkini