-->

Iklan

Realisasi Nilai-nilai Pancasila Oleh Pemerintahan

29 Juni, 2021, 16.50 WIB Last Updated 2021-06-29T09:50:54Z
PANCASILA merupakan 5 dasar/landasan negara kita, dimana dalam segala hal yang berkaitan dengan negara kita baik sistem, kebijakan, dll. harus sesuai dengan Pancasila. Peran dan fungsi dalam Pancasila sangat penting dalam rangka mencapai tujuan negara serta menjaga keharmonisan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam realisasinya, Pancasila merupakan hal yang sangat fundamental dan mendasar. Tapi seiring waktu dapat dikatakan bahwa nilai-nilai Pancasila mulai memudar di segala sisi, baik dalam sistem pemerintahan dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai contoh banyak kebijakan yang dulunya sempat disuarakan oleh masyarakat tidak sesuai dengan Pancasila bahkan berbanding terbalik dengan Pancasila itu sendiri. Contohnya seperti statement yang mengatakan bahwa adanya intervensi dari pihak asing serta tak dapat dipungkiri bahwa masyarakat sekarang terutama generasi banyak tidak hafal sila-sila dari Pancasila.

Seperti halnya baik dalam media, ataupun sosial media, justru generasi muda lebih paham  tentang game online ataupun artis, dll, dalam kesehariannya. Dalam rangka untuk mengatasi permasalahan ini,  seharusnya peran pemerintah harus ekstra, dan gencar melakukan sosialisasi melalui instansinya terutama pendidikan.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Lantas, untuk mencapai kehidupan berbangsa yang kita harapkan bersama, maka menjalankan serta mengamalkan atau merealisasikan nilai-nilai Pancasila merupakan jawaban utama. Ini juga sekaligus untuk mengatasi permasalahan yang ada seperti halnya, budaya yang mulai pudar, menumbuhkan rasa cinta bangsa, mengetahui hakikat kebebasan berpendapat serta mengatasi dan menghadapi tantangan bangsa kedepan.

Penulis: Mutia Rahmah (Mahasiswa Ilmu Politik, Universitas Malikussaleh)

*Tulisan di rubrik opini ini seluruhnya menjadi tanggungjawab penulis.
Komentar

Tampilkan

Terkini