-->

Iklan

BKM Al-Ikhlas Keude Linteung Laksanakan Penyembelihan Hewan Qurban di Hari Raya Kedua

21 Juli, 2021, 15.17 WIB Last Updated 2021-07-21T08:17:38Z
LINTAS ATJEH | NAGAN RAYA - Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al-Ikhlas Keude Linteung dalam prosesi pemotongan hewan qurban pada tahun 2021, sekaligus pembagian hewan qurban berlangsung di halaman Mesjid Besar Al-Ikhlas Desa Keude Linteung, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, Rabu (21/07/2021).

Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al-Ikhlas Keude Linteung Tgk. Yuli Sufianto, kepada awak media mengatakan, titik penyembelihan Hewan Qurban Idul Adha 1442 H/2021 M kita tetap fokus pada peraturan pemerintah dan menerapkan prokes, sehingga momen penyembelihan hewan qurban bisa berlangsung dengan tertib dan lancar.

"Kebiasaan setiap tahun, pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan pada hari kedua hari raya atau hari pertama tasyrik,” ujarnya.

Yuli menambahkan, pada tahun ini hewan qurban cukup meningkat dibandingkan pada tahun yang lalu. Semoga tahun depan juga bisa bertambah dari tahun ini.

"Daging qurban tersebut dibagi untuk fakir miskin, kaum dhuafa dan para jamaah masjid di dua desa yaitu, Desa Keude Linteung dan Desa Uteun Pulo, Kecamatan Seuagan Timur,” tambahnya.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Ia berharap, para warga untuk kedepannya kalau mau berqurban segera daftarkan ke sekretariat BKM Al-Ikhlas Keude Linteung yang berlokasi di halaman Masjid.

"Hewan yang dapat diqurbankan ialah kambing, domba, sapi dan unta dengan maksud mendekatkan diri melaksanakan perintah dari Allah SWT seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS,” tuturnya.

Ia menjelaskan, kata qurban berasal dari Bahasa Arab, yakni Qariba yang berarti dekat atau mendekatkan. Sementara secara harfiah, kurban memiliki arti hewan sembelihan.

"Menyembelih hewan kurban hukumnya adalah sunah muakad, yaitu sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Namun, apabila belum mampu untuk membeli hewan ternak, jangan sampai memaksakan diri,” jelasnya.

"Hal tersebut sesuai QS. Al-Hajj ayat 34 yang berbunyi, dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan menyembelih qurban, supaya mereka menyebut nama Allah SWT terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah SWT kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh kepada Allah," tutup Yuli.
Secara terpisah Ali Basyir Ishak Imam Syik Masjid Al-Ikhlas Keude Linteung yang turut didampingi oleh Kades Keude Linteung Zainal Abidin mengucapkan terima kasih kepada BKM dan Panitia yang telah sukses melaksanakan proses penyembelihan hewan qurban pada tahun ini.[Ms]
Komentar

Tampilkan

Terkini