-->

Iklan

Kepala DPMKPPKB Aceh Tamiang Respon Positif Upaya 'Pengawalan Bersama' Pelaksanaan DD/ADD

02 Juli, 2021, 06.39 WIB Last Updated 2021-07-01T23:39:42Z

Kepala DPMKPPKB Aceh Tamiang, Mix Donal, SH. 
(Foto: Istimewa)

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMKPPKB) Kabupaten Aceh Tamiang Mix Donal, SH, memberikan respon positif terhadap upaya pengawalan bersama terhadap 'penggunaan dana DD dan ADD' di kabupaten tersebut.

"Perlu kita ketahui bersama bahwa pihak pemerintah sendiri, yakni melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia (Kemendes) telah jauh-jauh hari meminta masyarakat agar ikut serta mengawasi penggunaan dana desa," demikian disampaikan Kepala DPMKPPKB Kabupaten Aceh Tamiang Mix Donal, SH, saat ditemui LintasAtjeh.com, di ruang kerjanya, Kamis (01/07/2021).

Selain itu, terang Mix Donal lagi, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga sering menyampaikan di media massa, agar setiap elemen masyarakat turut berpartisipasi dalam mengawasi penggunaan Dana Desa, karena keterlibatanmasyarakat sangat diperlukan agar penggunaan Dana Desa lebih transparan dan akuntabel.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

"Pengawasan dana desa tidak hanya dilakukan oleh para pemangku kebijakan seperti kepolisian, kejaksaan, dan Inspektorat, namun diperlukan juga peran aktif masyarakat. Di mana dana desa yang disalurkan terlebih dahulu harus dikomunikasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat mengawasi pengunaannya. Selain itu, LSM, wartawan, baik dari media cetak maupun elektronik juga berperan aktif dalam mengawasi atau mengawal dana desa," jelasnya Mix Donal.

"Harapannya adalah penggunaan dana desa akan kita terus kawal bersama Inspektorat, dengan selalu melakukan peambinaan untuk meminimalisir atau mienekan sekecil mungkin p enyalahgunaan keuangan dana desa maupun ADD," ungkap Mix Donal.

"Dengan adanya pengawasan bersama diharapkan agar semua pihak terkait, terutama kepala desa atau datok penghulu dapat mentaati aturan yang ada, dan tepat waktu saat merealisasikan anggaran untuk semua programnya, sehingga masyarakat dapat merasakan secara langsung hasil programnya," tandasnya.[*/Red]


Komentar

Tampilkan

Terkini