-->

Iklan

Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Best Practice

10 Juli, 2021, 22.10 WIB Last Updated 2021-07-10T15:10:28Z
BEST PRACTICE digunakan untuk mendeskripsikan pengalaman terbaik tentang keberhasilan seseorang terutama guru dalam melaksanakan tugas profesinya. Dalam kegiatan ini, guru dapat menceritakan tentang pengalaman terbaiknya dalam kegiatan belajar mengajar dan menuangkannya dalam bentuk tulisan yang dapat menginspirasi dirinya dan guru lain, serta dapat meningkatkan mutu pendidikan secara lokal maupun global.
 
Adapun yang perlu diketahui dan difahami oleh guru dalam melakukan dan membuat best practice adalah pelaksanaan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir dan langsung berdasarkan masalah yang ditemukan di dalam kelas.
 
Artinya disini guru dapat mengembangkan tulisan melalui pengalaman terbaik dalam menjalankan tugas sebagai seorang guru, tanpa harus melakukan penelitian dan juga tidak ada siklus seperti halnya penelitian tindakan kelas. Contohnya seperti meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran, salah satunya model picture and picture. 
 
TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM
 
Dalam penerapan model ini, guru hanya menulis hasil pengalaman pembelajarannya, bagaimana proses pembelajaran itu berlangsung, dan bagaimana peningkatan hasil yang diperoleh. Dengan adanya peningkatan hasil belajar para peserta didik yang sudah dilakukan di dalam ataupun luar kelas, guru akan merasa bangga, karena telah berhasil menerapkan model pembelajaran baru yang lebih menyenangkan dan dapat meningkatkan minat belajar dan keaktifan peserta didik.
 
Adapun tujuan dari best practice itu sendiri adalah untuk memecahkan masalah nyata di kelas seperti membangkitkan semangat belajar peserta didik agar lebih aktif dan menyenangkan. Misalnya dengan menggunakan model picture and picture. 
 
Melalui penerapan model ini, peserta didik diajak bekerja langsung dengan mempraktikkan sebuah pembelajaran terkait materi yang disampaikan guru. Selain itu, juga dapat meningkatkan kegiatan nyata guru dalam pengembangan profesinya serta dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas. 
 
Best practice juga sangat bermanfaat bagi guru untuk mengembangkan ide dan kreatifitas juga bermanfaat bagi peserta didik untuk meningkatkan kompetensinya dalam proses pembelajaran nyata yang menyenangkan.
 
Penulis: Lenny Anita, S.Pd.I (Guru PAI SMP Negeri 7 Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur)
Komentar

Tampilkan

Terkini