-->

Iklan

Pentingnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Dunia Pendidikan

02 Juli, 2021, 13.52 WIB Last Updated 2021-07-02T06:52:54Z
DEWASA INI, Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sudah umum dibicarakan oleh para guru dan peserta didik khususnya di dunia pendidikan. IPTEK adalah ilmu pengetahuan yang mengarah pada pemenuhan kebutuhan manusia. Tidak hanya itu, iptek juga bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi seperti hp atau komputer yang identik dapat disambungkan via internet sehingga dapat memiliki multi fungsi.

Di dunia pendidikan, iptek memiliki peran yang sangat penting. Selain digunakan sebagai sarana komunikasi, iptek juga sangat membantu kegiatan belajar mengajar di sekolah. Seperti halnya, mencari materi ajar bagi guru atau materi belajar bagi peserta didik. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan iptek ke arah positif yang dapat menghasilkan manfaat bagi dunia pendidikan. 

Sebagai guru, ajaklah para peserta didik untuk lebih mengenal dunia information technology (IT) agar lebih mudah dalam mencari dan menyelesaikan tugas belajar. Selain dari pada itu, gurupun harus mampu menguasai IT agar dapat membawa peserta didik dan guru itu sendiri ke zaman yang lebih maju dan modern agar tidak ketinggalan zaman.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Adapun manfaat IT di bidang pendidikan adalah:

1. Lebih cepat dalam mendapatkan informasi dan sumber ilmu, baik dari luar daerah maupun dari seluruh dunia. Dengan demikian guru dan peserta didik dapat mencari informasi dan sumber ilmu dengan sangat efektif dan efisien.

2. Mudah menemukan berbagai macam metode pembelajaran yang baru, sehingga guru dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi pelajaran.  Karena kemajuan iptek saat ini, belajar tidak harus dengan cara tatap muka saja, namun, peserta didik dapat belajar secara jarak jauh. Seperti halnya saat ini, dengan maraknya Covid-19, membuat dunia pendidikan harus berupaya untuk mencari solusi agar kegiatan belajar mengajar dapat terus berlangsung dengan baik. Peserta didik mengikuti kegiatan belajar via daring dimana para guru dan peserta didik menggunakan IT berbantuan internet untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar tersebut.

3. Mempermudah dalam mengolah data nilai, dimana para guru dapat menggunakan IT dalam memproses nilai peserta didik dengan sangat mudah dan cepat. Guru tidak akan menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan fikiran untuk melakukan analisis penilaian. Karena, dalam IT sudah terdapat program analisis penilaian yang dapat membantu guru dalam mengolah angka-angka tersebut dengan benar Semua pekerjaan akan lebih mudah dan cepat dikerjakan jika guru sudah mengetahui teknik dalam pemanfaatan IT dengan baik. 

Sebagai guru yang bergerak di dunia pendidikan, tentu menginginkan segala hal yang dapat membangun potensi dan prestasi belajar mengajar yang membawanya ke era yang lebih canggih agar tidak ketinggalan. Bagaimana mungkin guru dapat maju, kalo IT saja belum mampu dikuasainya. Guru harus melek terhadap perkembangan zaman dan terutama perkembangan IT saat ini. Guru harus dapat mengoperasikan komputer dan dapat melakukan segala sesuatu dengan canggih sesuai dengan perkembangan zaman.

Jika guru menggali ilmu, informasi atau pemahaman melalui buku saja, maka akan banyak hal yang tertinggal. Karena pemahaman dan informasi yang diperoleh dari buku terbatas. Akan tetapi, jika kita menggalinya melalui IT, maka akan banyak informasi dan pemahaman yang dapat diperoleh dengan cepat. Untuk mengoperasikan IT, guru dapat melakukannya sendiri tanpa harus melibatkan orang lain, tanpa harus keluar rumah, dan tanpa harus mencari guru atau pakar terkait. Disinilah indahnya dunia iptek atau IT jika guru dapat memanfaatkannnya dengan baik dan benar.

Penulis: Lenny Anita, S.Pd.I (Guru PAI SMP negeri 7 Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur.).

*Tulisan di rubrik opini ini sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis. 
Komentar

Tampilkan

Terkini