-->








Usai Disuntik ke Tubuh, Efek Vaksin Moderna Disebut Lebih 'Ganas' dari Sinovac

14 Agustus, 2021, 04.38 WIB Last Updated 2021-08-13T22:00:09Z

Vaksin Moderna 
(Foto: Satgas Penanganan Covid-19)

LINTAS ATJEH | JAKARTA - Indonesia menerima kedatangan sekitar 3 juta dosis vaksin Moderna pada 11 Juli 2021 lalu. Vaksin asal Amerika Serikat ini secara khusus diperuntukan untuk para tenaga kesehatan atau nakes yang menjadi garda terdepan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Artinya para nakes melakukan vaksinasi dosis ketiga dengan moderna mengingat banyak para nakes yang terpapar Covid-19 hingga meninggal dunia meskipun sudah disuntik vaksin dengan jenis sinovac dan aztrazeneca. Diharapkan imun tubuh para nakes semakin kuat usai disuntik moderna.

Vaksin moderna kabarnya memiliki efek yang lebih terasa dibandingkan sinovac dan aztrazeneca. Misalnya tubuh seseorang akan alami nyeri sendi, otot, nyeri di bekas suntikan, kelelahan, mual-mual, hingga demam dan pusing selama beberapa hari.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga memaparkan efek moderna bagi para nakes yang sudah melakukan vaksinasi. Ia mengatakan bahwa banyak para nakes yang mengalami efek pada tubuhnya usai disuntik moderna. "Vaksin moderna dirasakan oleh para tenaga medis," kata Anies kepada awak media saat meninjau proses vaksinasi dosis tiga.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Sementara itu biasanya para nakes yang alami efek pasca vaksinasi memutuskan untuk istirahat satu sampai dua hari. Maka proses vaksinasi para nakes harus bertahap agar jika ada nakes yang sedang beristirahat, pelayanan kesehatan tetap berjalan karena diisi oleh nakes lain yang tidak vaksin

Vaksin dosis ketiga bagi para tenaga kesehatan atau nakes disebut memiliki efek yang lebih terasa pada tubuh dibandingkan dua vaksin lain, sinovac dan aztrazeneca.

Selain di Jakarta, vaksinasi dosis tiga para nakes juga serentak dilakukan sejumlah daerah, salah satunya di Sragen, Jawa Tengah. Di Sragen terdapat 6 ribu nakes yang akan menjalani vaksinasi moderna. Banyak nakes yang sudah tahu tentang efek dari moderna.

Biasanya bagi nakes yang alami gangguan kesehatan pada tubuhnya usai disuntik moderna, akan mendapatkan vitamin dan obat peredan nyeri untuk mengurangi efek samping tersebut.[paragram.id]

Komentar

Tampilkan

Terkini