-->








Kekuatan Militer Taliban Kini Ditakuti Dunia, Miliki Persenjataan Canggih Hingga Helikopter Black Hawk

01 September, 2021, 05.27 WIB Last Updated 2021-08-31T22:29:31Z
Sebuah video itu muncul untuk menunjukkan Taliban mampu menerbangkan helikopter Black Hawk milik AS.* /Twitter /Talib Times

LINTAS ATJEH | JAKARTA - Persenjataan militer yang dimiliki Taliban kini masuk dalam daftar yang terkuat di dunia.

Kekuatan yang diperoleh Taliban, berkat pasukan Amerika Serikat yang meninggalkan begitu saja peralatan tempurnya.

Taliban kini tidak hanya mendapat gratisan senapan serbu berikut amunisinya dalam jumlah banyak.

Tapi, mereka juga memiliki kendaraan lapis baja, truk anti ranjau, helm dilengkapi penglihatan malam hingga helikopter Black Hawk.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Menurut anggota Kongres AS dari Partai Republik, Jim Banks, Taliban harus diperhitungkan karena memiliki lebih banyak helikopter Black Hawk daripada 85 persen negara di dunia.

"Karena kelalaian pemerintahan ini, Taliban sekarang memiliki akses ke peralatan militer senilai $85 miliar (£62 miliar)," katanya.

"Luar biasa, dan tak terduga bagi saya dan banyak orang lain, Taliban sekarang memiliki akses ke perangkat biometrik," tambahnya.

Foto-foto hari ini menunjukkan pejuang Taliban di dalam Bandara Kabul memeriksa peralatan termasuk helikopter Chinook yang ditinggalkan oleh militer AS.

Dikutip The Sun, pejuang Taliban pun memperlihatkan kemampuannya menerbangkan helikopter Black Hawk untuk patroli udara.

Sebuah video memperlihatkan, pejuang Taliban menggunakan Black Hawk keliling kota, dan menurunkan seorang anggotanya dari ketinggian dengan tali sling.

Video itu, yang dibagikan di Twitter menjelang penarikan AS pada hari Senin, tampaknya menunjukkan seorang tentara bersenjata turun dari pesawat saat melayang di atas Kandahar.

Klip itu diunggah oleh akun bernama Talib Times - sebuah halaman yang mengklaim sebagai sumber berita resmi untuk Imarah Islam.

"Angkatan Udara kami! Pada saat ini, helikopter angkatan udara Imarah Islam terbang di atas Kota Kandahar dan berpatroli di kota itu," tulis tweet tersebut.[zonapriangan]

Komentar

Tampilkan

Terkini