-->




SEMMI Aceh Desak Pemerintah dan PT. PEMA Hentikan Kerjasama Pengelolaan Migas Blok B di Aceh Utara

01 September, 2021, 13.31 WIB Last Updated 2021-09-01T07:26:34Z

LINTAS ATJEH | BANDA ACEH - Ketua Umum Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) Wilayah Aceh, Husnul Jamil mendesak PT. PEMA dan Pemerintah Aceh untuk segera menghentikan kerja sama pengelolaan Blok B Migas yang berada di Aceh Utara, Rabu (01/09/2021). 

"Bukan tanpa alasan, bahwa bakrie group punya catatan kelam dalam sejarah pengelolaan migas di Indonesia," paparnya. 


Pertama tambah Husnul, 29 mei 2006 terjadi Luapan lumpur panas di sidoarjo akibat pengeboran minyak oleh PT. Lapindo (Bakrie Group).16 desa di 3 kecamatan tenggelam, 25.000 jiwa mengungsi, 10.426 unit rumah terendam lumpur dan 77 unit rumah ibadah juga ikut tenggelam, 30 pabrik yang tergenang terpaksa menghentikan aktivitas produksi dan merumahkan ribuan tenaga kerja, serta terjadi kerusakan alam yang sangat dasyat. 


Selanjutnya, Utang Bakrie Ke Kas Negara 1,91 Triliun yang merupakan dana talangan penanggulangan luapan lumpur lapindo, yang telah jatuh tempo pada 10 juli 2019 yang lalu. Menurut BPK, Lapindo hanya pernah membayar satu kali sebesar 5 Milliar pada 20 Desember 2018. 


TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM


"Saya kira Pemerintah Aceh di bawah kepemimpinan Nova Iriansyah dan Dirut PT. PEMA Zubir Sahim jangan buta melihat fenomena sosial yang terjadi saat ini. Kalau pengelolaan Blok B tersebut merugikan rakyat, maka rakyat Aceh segera melakukan perlawanan. Apa lagi utang ke Negara sampai saat ini belum ada kejelasan, Negara saja dikadalin, apa lagi sekelas PT. PEMA dan Pemerintah Aceh, emang Pak Nova sama Pak Zubir mau tanggung jawab kalau persoalan keuangan dan terjadi luapan lumpur di Aceh," tegas Husnul.


Dia juga menjelaskan, pengelolaan Blok B, BPMA sebagai regulator juga harus benar-benar mengawasi kontrak kerja tersebut, point pentingnya adalah harus mengacu kepada  PP Nomor 23 Tahun 2015 tentang pengelolaan bersama sumber daya alam minyak dan gas di bumi Aceh Dan UUPA. 


"Harapan saya kalau bisa BUMD Aceh dalam hal ini PT. PEMA harus di berdayakan perusahaan-perusahaan lokal terlebih dahulu, kita selalu menjadi tamu di rumah kita sendiri. Padahal kita selalu mengatakan bahwa Aceh kaya, tapi kekayaan Aceh tidak pernah di nikmati oleh rakyat Aceh itu sendiri," harapnya.


"Apa lagi Gubernur Aceh menerima naskah asli kontrak kerja sama Blok pada Rabu, 25 agustus 2021 yang di serahkan oleh kementerian ESDM dalam yang di wakili oleh Sekjen Dr. Ir Ego Syahrial MSc perlu kita lihat dan cek secara lansung bagaimana isi naskah tersebut, lalu saham siapa saja yang berada di Blok B tersebut. Karena selama ini kami melihat Direktur PT. PEMA tidak transparan dalam mengelola SDA yang ada di Aceh," pungkas Husnul Jamil (Mahasiswa Magister Ilmu Politik Universitas Indonesia).[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini