-->


Keren!!! Rajakelir Warnai Foto Hitam Putih Masjid Tuha Indrapuri Aceh

31 Desember, 2021, 11.25 WIB Last Updated 2021-12-31T04:25:23Z
Postingan (Colorized) Masjid Tuha Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.(@rajakelir) 

LINTAS ATJEH | ACEH BESAR - Rajakelir adalah salah satu akun instagram yang cukup populer di bidang Colorized Black White Historical Photo (Pewarnaan foto hitam putih bersejarah) khususnya foto-foto tempat bersejarah atau benda-benda yang memiliki nilai sejarah. 

Setidaknya sudah ada 545 postingan foto bersejarah dari berbagai daerah di Indonesia seperti di Pulau Sumatera,  Kalimantan, Jawa, Sulawesi, NTB serta beberapa kabupaten/kota.

Kali ini, Seniman @rajakelir memposting sebuah foto hitam putih koleksi KITLV Leiden / 1892 (Colorized) Masjid Tuha Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Jum'at (31/12/2021).

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Dalam narasinya, @rajakelir menuliskan Masjid Jami' Indrapuri pada mulanya merupakan sebuah bangunan candi yang dibangun pada abad ke 12 Miladiyah dan diperkirakan dialih fungsi menjadi masjid pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1607-1636). 

Di tahun 1874 Masjid Jami' Indrapuri menjadi tempat pelantikan Muhammad Daud Syah sebagai Sultan Aceh ke 35 pada tahun 1874. pelantikan itu juga menjadikan Indrapuri sebagai ibukota Kesultanan Aceh. 

Namun hal itu tak berlangsung lama karena Sultan Muhammad Daud Syah menjadi Sultan Aceh terahir setelah beliau ditangkap oleh Belanda tanggal 10 Januari 1903 kemudian diasingkan ke Ambon lalu dipindahkan ke Batavia sampai wafatnya pada tanggal 6 Februari 1939.

Untuk melihat postingan menarik lainnya dalam seni mewarnai foto bersejarah di nusantara, silakan follow akun instagram @rajakelir.[Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini