-->








Usai Diselimuti Debu Dump Truk, Kini Warga Babahlung Abdya Diguyur Air

30 Desember, 2021, 09.03 WIB Last Updated 2021-12-30T02:09:05Z

LINTAS ATJEH | ABDYA - Jaringan pipa milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang berada di Gampong Babahlung  Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), mengalami kebocoran hingga mengeluarkan semburan air menggenangi badan jalan. 

Genangan air di badan jalan dari bocoran pipa tersebut, hingga saat ini belum ada upaya perbaikan dari pihak terkait, Rabu (29/12/2021). 


Pj Keuchik Babahlueng, Jasmi menyampaikan, pipa air bocor tersebut merupakan pipa induk lama yang berukuran  delapan inci, serta sudah berumur kurang lebih sembilan tahun.


"Adapun yang terkena imbas dari kebocoran tersebut, selain Desa Babahlung sendri juga termasuk perkantoran serta sampai ke Desa  Sangkalan," jelasnya.


Ia juga menyebutkan, perkiraan sementara terjadinya kebocoran tersebut dikarenakan getaran mobil pengangkut batu gajah yang melintas di desa tersebut, serta ditambah lagi usia pipa yang sudah lama.


"Kejadian kebocoran pipa ini bukan yang pertama kali. Ini sudah yang ketiga kalinya selang waktu  dua pekan yang lalu dengan kejadian yang kedua," tambahnya. 


Kebocoran pertama lanjutnya, terjadi di Dusun Tiga, kedua di Dusun Tiga dan yang ketiga kalinya itu di Dusun Empat. pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan PDAM agar segera memperbaiki pipa bocor itu.


TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM


"Kita juga sudah melakukan koordinasi dengan PDAM untuk segera diperbaiki pipa yang bocor. Apabila kedepannya ada pembaharuan kita sarankan jangan terlalu dekat dengan badan jalan," sarannya.


Sementara itu, Direktur Utama PDAM Abdya Rosi Padedi mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan serta telah turun langsung ke lapangan berselang 30 menit terjadinya bocor pipa tersebut.


"Iya benar, kita sudah mendapatkan laporan dan sudah turun langsung ke lapangan untuk mengantisipasi agar tidak meluas genangan air," ujarnya.


Rosi juga menambahkan, pihaknya akan segera melakukan perbaikan, sesuai permintaan geuchik dan masyarakat Babahlung.


"Pipa PDAM yang bocor di Desa Babahlung akan segara ditangani. Insya Allah, besok akan langsung kita kerjakan," terangnya. 


Penyebab terjadinya pipa bocor, lanjutnya, dikarenakan faktor usia pipa yang sudah dimakan usia.


"Besok kita akan menangani serta akan melihat kondisi pipa, kemungkinan besar akan kita ganti dengan yang baru," pungkasnya.[WA] 

Komentar

Tampilkan

Terkini