-->



Forum Tematik Bakohumas BIN, Ajak Humas K/L Solid Dukung Pemindahan IKN

23 Maret, 2022, 23.00 WIB Last Updated 2022-03-23T19:32:35Z
LINTAS ATJEH | JAKARTA - Humas Pemerintah berperan penting dalam menyukseskan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).

Hal ini disampaikan pada Forum Tematik Bakohumas Kementerian dan Lembaga yang digelar oleh Badan Intelijen Negara (BIN) secara hybrid, Rabu (23/03/2022). 

Acara tersebut bertema “Optimalisasi Peran Aktif Bakohumas dalam Mendukung Pembangunan IKN Guna Pemerataan Pembangunan, Kesejahteraan dan Pertahanan Negara” yang menghadirkan sejumlah narasumber antara lain Deputi Komunikasi dan Informasi BIN, Dr. Wawan H. Purwanto, S.H, M.H, Dosen Prodi Keamanan Nasional Universitas Pertahanan (Unhan), Dr. Anang Puji Utama, S.H, M.Si, dan  Director Executive Center of Reform on Economics, Mohammad Faisal, Ph.D.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Dalam sambutannya, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo yang juga menjabat sebagai Ketua Bakohumas, Usman Kansong mengatakan, pentingnya humas Pemerintah bersinergi menyukseskan program pemindahan IKN.

“Kita sebagai Humas Pemerintah mempunyai peranan yang sangat vital dalam usaha menciptakan nation branding pada Ibu Kota Baru Indonesia, yaitu IKN Nusantara. Karena Humas Pemerintah menjadi kanal komunikasi utama trilogi nation branding,” jelas Usman.

Ibu kota negara sangat penting dalam mendukung berjalannya pemerintahan sekaligus menunjukkan kerawanan atas situasi dan kondisi ibu kota negara. Kedudukan Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan pusat bisnis nasional menjadikan Jakarta sebagai center of gravity Indonesia.

“Tantangan kita kedepan dan spektrum ancaman disebabkan salah satunya oleh perkembangan teknologi dan informasi yang membuat masayarat mudah berinteraksi baik tingkat regional dan global," jelas Dosen Universitas Pertahanan Dr. Anang Puji Utama, S.H, M.Si, selaku narasumber.

Narasumber lainnya, Director Executive Center of Reform on Economics, Mohammad Faisal, Ph.D mengatakan pemindahan IKN salah satunya bergantung pada political will dari Pemerintah.

“Pemindahan IKN, harus di dasari oleh sejumlah hal antara lain, harus ada political will, biaya, dan konsistensi kebijakan," tambah Faisal.

Sementara itu, Deputi VII- Komunikasi dan Informasi, Dr. Wawan H  Purwanto,  S.H, MH, menyoroti tantangan Humas Pemerintah dalam menyikapi perkembangan opini di masyarakat terkait pemindahan IKN.

“Pemerintah melalui jajaran Humas K/L harus bisa membuat masyarakat percaya bahwa pemindahan IKN merupakan pilihan terbaik," papar Wawan.

Menurutnya, jajaran Humas Kementerian dan Lembaga (K/L) melalui Forum Tematik Bakohumas dapat berkolaborasi dan bersinergi untuk menyosialisasikan pemindahan IKN melalui berbagai kemasan.

"Hal ini diharapkan dapat menumbuhkan persepsi positif dan optimisme publik terhadap pemindahan IKN," tutupnya.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini