-->



LAKI Resmi Terdaftar di Bawaslu sebagai Lembaga Pemantau Pemilu 2024

23 Agustus, 2022, 12.08 WIB Last Updated 2022-08-23T05:08:59Z

Foto: Sertifikat akreditasi yang dikeluarkan Bawaslu RI kepada LAKI sebagai lembaga pemantau Pemilu 2024

LINTAS ATJEH | JAKARTA - Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) resmi mendapatkan akreditasi dan tercatat sebagai lembaga pemantau pemilihan umum (Pemilu) untuk tahun 2024 di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Akreditasi sebagai pemantau Pemilu terdaftar dengan nomor 004/PM.05/K1/7/2022. Sertifikat akreditasi ditandatangani oleh Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, SH. LL. M, tertanggal 27 Juli 2022.

Sekjen Dewan Pimpinan Pusat Laskar Anti Korupsi Indonesia (DPP LAKI), Dr. Meta Indah Budhianti, SH, MH, ketika dihubungi LintasAtjeh.com melalui telepon seluler, Selasa pagi (22/08/2022), membenarkan bahwa LAKI telah terakreditasi oleh Bawaslu RI sebagai lembaga pemantau Pemilu tahun 2024.
Logo Dewan Pimpinan Pusat Laskar Anti Korupsi Indonesia (DPP LAKI)

"Iya benar, setelah melakukan persiapan seluruh persyaratan sesuai UU Pemilu dan melakukan pendaftaran ke Bawaslu, LAKI resmi mendapatkan akreditasi sebagai lembaga pemantau Pemilu 2024," ungkap Dr. Meta.

Dia menyatakan bahwa LAKI akan melakukan pemantauan terhadap seluruh tahapan Pemilu 2024 yang sudah berjalan, terutama dalam hal pembiayaan politik dan dana kampanye. Menurut Dr. Meta, pembiayaan politik penting untuk dipantau supaya masyarakat dapat melihat integritas dan akuntabilitas calon peserta Pemilu 2024.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Selain hal tersebut, lanjut Dr. Meta, LAKI juga akan melakukan pemantauan terhadap penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara. 

"Ini juga penting untuk melihat integritas dan kapastias KPU dalam mengelola sistem teknologi informasi untuk penghitungan dan rekapitulasi," jelas Dr. Meta.
Logo DPC LAKI Kabupaten Aceh Tamiang 

Turut diterangkan oleh Dr. Meta, langkah LAKI hadir sebagai lembaga pemantau Pemilu adalah sebagai upaya untuk bersama-sama mewujudkan Pemilu berkualitas dan demokrasi yang sehat di negeri ini. 

"Kalau kita mau menghasilkan pemilu yang seperti itu maka kita harus aktif memantau proses pemilu. Oleh karenanya, kami (LAKI) mulai dari tingkat DPP, DPD, dan DPC menyatakan siap menjadi mitra strategis dan mitra kritis Bawaslu untuk menyukseskan tahapan demi tahapan Pemilu 2024," tutupnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Ketua DPC LAKI Kabupaten Aceh Tamiang, Syahriel Nasir menyampaikan bahwa LAKI Cabang Kabupaten Aceh Tamiang akan segera menyerahkan berkas kepada Bawaslu setempat sebagai pemantau Pemilu 2024.

"LAKI sudah terdaftar sebagai pemantau Pemilu di tingkat pusat, sehingga beberapa hari kedepan kami perlu melaporkan keberadaan LAKI kepada Bawaslu Aceh Tamiang sebagai lpemantau Pemilu di Kabupaten Aceh Tamiang," demikian disampaikan Syahriel Nasir.[ZF]

Komentar

Tampilkan

Terkini