-->








Pengaruh Budaya Terhadap Generasi Millenial di Aceh

05 Agustus, 2022, 11.12 WIB Last Updated 2022-08-05T04:12:23Z
LINTAS ATJEH | BANDA ACEH - Kita tahu bahwasanya Aceh sebagai daerah penghujung paling barat Indonesia yang memiliki bermacam-macam budaya dan adat istiadat yang sepatutnya harus dipertahankan untuk dilestarikan. Kemudian melihat kemajuan teknologi yang semakin pesat membentuk budaya baru  yang dikenal sebagai digitalisasi. 

Era ini membentuk budaya baru bagi masyarakat Aceh khususnya kaum milenial di Aceh. Hal ini tentunya memberi tantangan baru bagi masyarakat Aceh khususnya bagi pemuda dalam menjaga dan merawat budaya, adat istiadat atau sejarah Aceh untuk diperkenalkan nilai-nilai kepada generasi Aceh selanjutnya.

Media sosial menjadi jembatan komunikasi yang digunakan oleh generasi milenial agar didengarkan oleh pemerintah, karena di era sekarang jika belum viral maka permasalahan yang terjadi tidak akan ditindaklanjuti dan prosesnya akan sangat lambat. 

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Contohnya adalah seperti yang terjadi di Aceh pada 20 Oktober 2021. Pelapor pemerkosaan ditolak karena belum melakukan vaksin. Kejadian ini sangat disayangkan mengingat bahwa vaksin dan korban kekerasan seksual yang melapor adalah dua hal yang berbeda. Ketika berita ini ramai dibicarakan di media sosial, barulah laporan yang diajukan oleh korban diproses kembali. 

Dari kejadian ini dapat kita pahami bahwa para milenial memanfaatkan media sosial internet pada hal positif yang berdampak pada tingkat literasi mereka dalam hal keterampilan mengolah informasi dan pengetahuan.

Fungsionaris Badko HMI Aceh, Muddassir menilai, kejadian yang terjadi pada generasi milenial saat ini tidak terlepas dari pada kontrol dan pengawasan orang tua. Dimana orang tua menjadi peran utama dalam mendidik anak-anaknya supaya generasi milenial tidak mudah terpengaruh dengan adanya budaya luar yang masuk di Aceh.

"Maka dari itu, peran lembaga institusi pendidikan harus lah menjadi ujung tombak untuk melahirkan generasi milenial yang cerdas serta mampu menghadapi tantangan yang terjadi di Aceh saat ini," pungkas Muddassir, Jum'at (05/08/2022).[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini