-->








Pj Bupati Abdya Resmi Membuka Kegiatan Sub PIN Polio

12 Desember, 2022, 13.26 WIB Last Updated 2022-12-12T06:27:17Z

LINTAS ATJEH | ABDYA - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) H Darmansah, S.Pd, MM., resmi membuka kegiatan Pencanangan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, di TK Dharma Wanita Blangpidie, Senin (12/12/2022).

Dalam sambutannya Darmansah mengatakan, imunisasi polio ini merupakan upaya preventif yang sangat besar manfaatnya guna mencegah morbiditas, mortalitas, dan disabilitas yang disebabkan oleh penyakit polio. 


"Kita selaku Pemerintah Abdya menyambut baik serta memberikan dukungan penuh atas terlaksananya kegiatan Pencanangan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio ini. Kami berharap program ini dapat berjalan maksimal, karena ini merupakan upaya besar kita dalam menyelamatkan generasi yang akan datang dari ancaman penyakit polio," ujar Darmansah.


Imunisasi polio, kata Darmansah, memiliki arti sangat penting bagi upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen. 


"Jika tidak segera dihentikan, maka dikhawatirkan penyebaran penyakit tersebut berpotensi meluas dan penyebarannya hanya bisa dicegah dengan cara imunisasi," jelasnya.


Darmansah menambahkan, tujuan dicanangkannya Sub PIN Polio adalah untuk mencegah dan memberantas virus penyakit polio di Abdya dan dalam Provinsi Aceh tentunya, agar penyebarannya tidak meluas. 


Di sisi lain, sambungnya, kegiatan Sub PIN Polio ini mempunyai makna strategis untuk menyiapkan generasi emas Indonesia yang sehat dan kuat. 


"Maka dari itu, sudah seharusnya kita menyambut baik dan memberikan dukungan penuh terhadap Pekan Imunisasi Nasional Polio ini. Diharapkan semua komponen dan kekuatan harus saling mendukung dan bekerjasama guna menyukseskan gerakan ini," harapnya.


Dalam pencapaian tujuan pembangunan nasional, ucap Darmansah, kesehatan merupakan salah satu unsur penting yang tidak bisa dipisahkan. Oleh karena itu, Pemerintah menaruh perhatian besar dalam pembangunan dan pengembangan di bidang kesehatan, yang diantaranya melalui pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional Polio.


"Mengingat pentingnya kegiatan ini, maka penting bagi kita untuk mendukung keberhasilan kegiatan ini. Oleh karena itu, melalui kesempatan ini, kami meminta kepada seluruh petugas kesehatan mulai dari RSUD, Puskesmas, Posyandu, Polindes, Pustu, dan pos pelayanan imunisasi lainnya, agar dapat melaksanakan program ini dengan penuh kesungguhan dan kepedulian," tuturnya.


TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM


Selain itu, kata Darmansah, kepada masyarakat terutama yang memiliki balita agar dengan kesadaran tinggi dapat ambil bagian dalam kegiatan Sub PIN Polio ini. 


"Bawalah balita kita ke pos pelayanan Sub PIN yang terdekat untuk mendapatkan imunisasi polio. Sesibuk apapun, luangkan waktu untuk membawa anak-anak kita yang berusia 0-12 tahun ke pos-pos PIN terdekat. Jangan sampai lupa, karena mencegah penyakit itu lebih baik dari pada mengobati," kata Darmansah.


Dalam pelaksanaan Sub PIN Polio ini, Darmansah menilai peran media massa sangatlah penting dalam membantu menyebarluaskan informasi kepada masyarakat agar kegiatan Sub PIN ini dapat terlaksana dengan sukses.   


"Kepada rekan-rekan media diharapkan dapat membantu mensosialisasikan kegiatan PIN ini kepada masyarakat. Insya Allah, dengan peran aktif kita bersama dalam memberantas polio, akan membentuk generasi muda Aceh yang sehat dan kuat dalam mendukung pembangunan Aceh di masa yang akan datang," pungkas Darmansah.


Dalam kegiatan tersebut turut hadir Ketua DPRK Abdya, Nurdianto, Kapolres AKBP Dhani Catra Nugraha, Dandim Letkol Inf Roqich Hariadi, Perwakilan Kejari, Kadis Kesehatan, Safliati, Kepala Kantor Kemenag Abdya, Salman Alfarisi, Ketua MPU, Tgk Muhammad Dahlan, Ketua Persit, Ketua Bayangkari, serta tamu undangan lainnya.[AK]

Komentar

Tampilkan

Terkini