-->








SMP Negeri 1 Seunagan Resmi Sebagai Komisariat Pencak Silat PSHT

26 Januari, 2023, 20.44 WIB Last Updated 2023-01-27T00:47:36Z

LINTAS ATJEH | NAGAN RAYA - SMP Negeri 1 Seunagan, yang beralamat di Ar-Raniry II No. 74 Jeuram, Kuta Baro, Kecamatan Seunagan, resmi dijadikan komisariat pencak silat perguruan 'Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)' Cabang Nagan Raya.

Hal ini ditandai dengan acara pembukaan latihan perdana plus kegiatan ekstrakurikuler yang berlangsung di SMP Negeri 1 Seunagan,Kamis (26/01/2023).

Kepala SMP Negeri 1 Seunagan, Misnan, S.Pd., M.Si, dalam sambutannya pada acara pembukaan pelatihan pencak silat menyampaikan bahwa olah raga pencak silat merupakan seni bela diri warisan leluhur bangsa Indonesia yang harus di pertahankan dan dilestarikan.

Diterangkan oleh Misnan, dengan adanya kegiatan pelatihan beladiri pencak silat ini, diharapkan kepada siswa-siswi agar belajarlah dengan sungguh-sungguh dan ajak kawan-kawan di luar SMP Negeri 1 Seunagan, untuk hadir ke sini karena ketika menjadi komisariat maka tidak mesti siswa-siswi di sekolah ini saja yang belajar pencak silat. 

Walau sekarang ini, SMP Negeri 1 Seunagan telah dijadikan komisariat pencak silat PSHT, namun para peserta latihan terbuka untuk umum.

"Ini juga gaung kita, artinya kita berkabolarasi, selain dijadikan komisariat PSHT, dapat juga dijadikan kegiatan  ekstrakurikuler sekolah, dengan harapan bisa mengurangi kegiatan-kegiatan yang bersifat negatif. Ikutilah latihan secara sungguh-sungguh," ajaknya.

"Kami dari SMP Negeri 1 Seunagan mendukung penuh kegiatan ini, dan siap memfasilitasi kegiatan latihan dalam hal penggunaan sarana dan prasarana sekolah. Ini tujuannya semata-mata untuk mengembangkan bakat dan minat siswa untuk meraih prestasi. Jangan ikuti setengah-setengah, semoga kalian berjaya dan meraih prestasi, bisa mengukir nama baik untuk orang tua mu," tutupnya.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Sementara Ketua PSHT Cabang Nagan Raya, Rudianto menyampaikan, kegiatan ini sebagai langkah awal dalam membuka ranting baru. Tujuan utama dari PSHT adalah mendidik manusia yang berbudi luhur, tau benar dan salah serta bertakwa kepada Allah SWT.

"Dalam latihan  kedepannya, PSHT mengajarkan atau melatih tiga jenis kegiatan yaitu, bela diri prestasi, bela diri praktis dan bela diri ajar, maka dengan ini kami harap seluruh siswa agar bersemangat dalam mengikuti latihan kedepan dan bisa meraih presprestasi," tuturnya.


Ia menambahkan, PHST selain melatih pencak silat juga mengajar adap dan membetuk karakter, contohnya setelah datang ke tempat latihan selalu berjabat tangan. Itu adalah suta adab sesuai dengan lambang PHST.

Barang siapa yang menyambung silaturahmi maka Allah akan menambah kan nikmat nya dan barang siapa yang memutuskan silaturahmi Allah akan mencabut nikmat nya.

"Terima kasih kepada Kepala SMP Negeri 1 Seunagan yang telah menerima kami untuk berkolaborasi dan menjadikan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ini, serta pengurus ranting yang selalu memotivasi latihan pencak silat untuk mendidik kader yang berbudi pekerti luhur tau benar dan salah tuk bisa meraih prestasi," pungkasnya.

Dalam acara pembukaan tersebut, selain Kepala SMP Negeri 1 Seunagan Misnan, S.Pd., M.Si, Wakil Sekjen IPSI Nagan Raya Agustiar, Sos, tampak hadir Ketua PSHT Cabang Nagan Raya Rudianto, Dewan Penasehat Cabang Bintoro beserta Pengurus, Ketua Ranting Beutong Mas’udi Maulana juga peserta pelatihan, Kepala SMP N 1 Seunagan Misnan, S.Pd., M.Si, Wa Sekjen IPSI Nagan Raya Agustiar, Sos.[Ms].


Komentar

Tampilkan

Terkini