-->








Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, STKIP Muhammadiyah Abdya Hadirkan Narsum Tiga Alumnus Australia

15 Januari, 2023, 14.43 WIB Last Updated 2023-01-15T07:43:53Z
LINTAS ATJEH  |  ABDYA - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Aceh Barat Daya menggelar Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) yang berlangsung selama dua hari tangal 14 sampai 15 Januari 2023.

Pada acara pembukaan yang dihadiri 150 orang mahasiswa STKIP Muhammadiyah itu dengan tema "Membentuk Jiwa Kepemimpinan Tranformatif  dan Pembaharu di Era Society 5.0" bertempat di aula kampus setempat.

Ketua BEM STKIP Muhammadiyah Abdya,  Misra dalam laporannya menyampaikan, LKM ini berlangsung selama dua hari dengan jumlah peserta 70 orang mahasiswa.

Misra menyampaikan, kegiatan ini menghadirkan tiga orang narasumber alumnus Australia yakni, Iskandar AS (Ketua Prodi S2 FKIP USK), Melly Misna (Dosen UIN Ar-Raniry) dan Wildan Sani Rasyid (Kepala SMA Muhammadiyah Banda Aceh).

Dalam kesempatan itu dikatakannya, bahwa mahasiswa dari mana perguruan tinggi atau universitas tempat ia menuntut ilmu. Kita boleh belajar dimana saja, karena kesuksesan tidak menentukan tempat dimana kita kuliah.

"Namun yang terpenting ada minat dan kemauan serta usaha untuk terus belajar meningkatkan kompetensi diri. Sebab kemampuan seorang mahasiswa tidak ditentukan oleh perguruan tinggi manapun," kata Misra.

Ketua Muhammadiyah Abdya, Hismaruddin Mahdi mengimbau kepada mahasiswa yang mengikuti LKM ini menjadi seorang leadhership yang andal, tangguh, bertanggungjawab dan berakhlakul karimah.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM
"Nilai-nilai tri dharma perguruan tinggi yang di dalamnya pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat adalah visi dan misi merupakan ruh dalam membangun kampus manapun termasuk di STKIP Muhammadiyah Abdya ini," ujar Hismaruddin.

Sementara itu Ketua STKIP Muhammadiyah Abdya, Afdhal Jihad saat membuka acara menuturkan, mahasiswa harus memiliki kesadaran kritis serta mempunyai daya saing di era industri 5.0.

"Sebagai kaum penggerak dan intelektual muda harus mengembangkan pola pikir kritis dan mampu berdaya saing di era global ini. Karena, dengan selalu berusaha tidak ada yang tidak mungkin," ucap Afdhal.

Ditambakannya, ucapan terima kasih kepada Pj Bupati Abdya, Darmansah yang telah memberikan bantuan materil untuk mensukseskan acara ini. Mestinya beliau yang membuka dan memberikan materi, namun karena ada acara di Jakarta tidak dapat menghadirinya.

Sedangkan salah seorang narasumber Ketua Prodi S2 Bahasa Inggris USK, Iskandar mengatakan, mahasiswa STKIP Muhammadiyah Abdya ini memiliki potensi untuk bersaing dengan kampus-kampus lainnya baik negeri maupun swasta.

"Dengan kemampuan Bahasa Inggris yang dimiliki mahasiswa disini tidak tertutup kemungkinan untuk bisa melanjutkan pendidikan S2 ke luar negeri dengan memperoleh beasiswa atau pertukaran mahasiswa antar negara," pungkas Alumnus S3 Australia ini.[Datok Rahmat/Baihaki]
Komentar

Tampilkan

Terkini