-->








Kondisi Terkini Dampak Suhu Ekstrim India Pakistan

16 Mei, 2023, 09.10 WIB Last Updated 2023-05-16T02:15:05Z
SUHU di India saat ini bisa mencapai 47 derajat celcius dampaknya ketersediaan air menjadi terbatas dan warga harus memakai pakaian tertutup ketika beraktivitas untuk menghindari sengatan matahari.masyarakat mengakui menderita akibat suhu yang berulang kali naik bahkan sampai 50 Derajat Celcius yang menyebabkan meleleh nya aspal sejauh 1 kilometer.

Gelombang panas ini memperburuk kondisi energi besar-besaran di kedua negara itu.Salah satu kota di Pakistan saat ini hampir tidak menerima listrik dampaknya AC dan lemari es tidak berfungsi.

Selain memperburuk krisis energi gelombang panas juga memberikan mala petaka pada tanaman warga salah kota  di India yang mengakibatkan hasil panen turun hingga 50% akibat suhu ekstrem.

Di pakistan dampaknya juga sampai menyebabkan mencair nya gletser di Utara Pakistan di sebabkan suhu ekstrem pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Maka dari itu negara yang menghadapi krisis eksistensial akibat darurat iklim  di sebabkan gelombang panas menghimbau dan memberi peringatan bagi masyarakat internasional tentang kenaikan suhu dan pemanasan global agar menjadi kepedulian internasional.

Penulis: lisnadia (Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Pemerintahan UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Komentar

Tampilkan

Terkini