-->








Peran Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Perekonomian di Pante Menye

05 Mei, 2023, 15.58 WIB Last Updated 2023-05-05T08:58:30Z
PANTE MENYE adalah salah satu tempat wisata yang berada di Pante Menye, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, ini merupakan tempat yang menjadi pusat sektor pariwisata dan yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun asing.

Saat ini Pante menye menjadi pintu gerbang bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi tempat wisata Pante menye di kecamatan Bintang, oleh karena itu, tidak heran jika pengaruh kegiatan pariwisata terhadap kehidupan perekonomian masyarakat di kecamatan Bintang sangat besar.

Pariwisata juga menjadi daya jual yang baik untuk berkembangnya ekonomi di Aceh Tengah khususnya di Pante menye kecamatan Bintang. Karena hal tersebut dapat menggali atau memperkenalkan budaya atau pedesaan yang dimiliki di negeri yang sejuk dataran tinggi tanah Gayo. 

Pariwisata juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, menciptakan lapangan kerja serta membangkitkan pertumbuhan industri pariwisata. Oleh karena itu dapat memicu berkembangnya ekonomi di Pante Menye kecamatan Bintang, jadi seberapa pentingkah sektor pariwisata terhadap perekonomian daerah?

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM 

Hazdi Syah Putra mahasiswa Ilmu Politik universitas Syiah Kuala mengatakan bahwa pariwisata sangat penting bagi perkembangan perekonomian di Pante Menye kecamatan Bintang. Menurutnya pariwisata ini juga dapat berkontribusi dengan pemerintah daerah.

“Serta dengan berkembangnya pariwisata juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi pengangguran yang berada di sekitar Pante Menye kecamatan Bintang ini, sektor pariwisata salah satu sektor setrategis yang harus dimanfaatkan untuk membangun kepariwisatan sebagai bagian dari pembangunan daerah, pembangunan pariwisata di Pante Menye ini mempunyai tujuan akhir untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.” jelas Hazdi, putra daerah kecamatan Bintang.

Hazdi juga melihat, ketika pariwisata bertumbuh dengan baik maka perekonomian juga meningkat bahkan barang-barang di sekitaran pariwisata Pante Menye ini juga bisa menjadi bernilai ekonomi, hal ini menjadi sebuah keuntungan bagi pedagang dan masyarakat di sekitaran Pante Menye, Kecamatan Bintang ini.

Dan selain itu juga banyak keuntungan bagi masyarakat yang berada disekitaran pante menye ini, salah satu nya bisa mempromosikan produk kopi gayo dan juga langsung bisa dinikmati oleh wisatawan rasa kopi di dataran tinggi Tanoh Gayo yaitu di Pante Menye.

Penulis: Hazdi Syah Putra (Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala)
Komentar

Tampilkan

Terkini