-->

Bawaslu dan BNN Kota Langsa Laksanakan Tes Urine Untuk Pengawas TPS

20 Januari, 2024, 18.36 WIB Last Updated 2024-01-20T11:37:23Z


LINTAS ATJEH | LANGSA – Bawaslu bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Langsa melaksanakan tes narkoba bagi 489 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kantor Sekretariat Bawaslu Kota Langsa, Jum’at (19/01/2024).


Ketua Bawaslu Kota Langsa, Taufiqurrahman, SHi saat ditemui LintasAtjeh.com di ruang kerjanya menyampaikan Bawaslu memfasilitiasi Pengawas TPS yang telah dinyatakan lulus untuk melakukan tes Narkoba ini sebagai salah satu syarat sebagai Anggota PTPS tersebut.


"Kita memfasilitasi anggota Pengawas TPS untuk melaksanakan tes narkoba dengan bekerjasama dengan BNN Kota Langsa, adapun biaya sebesar Rp. 100 Ribu Rupiah tersebut langsung diserahkan kepada pihak BNN," kata Taufiq.


Taufiq menjelaskan, pembentukan Pengawas TPS itu merupakan kewenangan Panwaslu Kecamatan, mereka sudah melakukan proses pembentukan Pengawas TPS di Lima Kecamatan se-Kota Langsa, hasil nya kemarin tanggal 18 Januari 2024 telah diumumkan Pengawas TPS yang lulus sehingga pada hari ini kita memfasilitasi pelaksanaan tes narkoba.


TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM


Ia juga menyampaikan, jika hasil tes calon anggota Pengawas TPS kedapatan positif akan ditinjau kembali kelulusannya dan tidak akan dilantik sebagai Anggota Pengawas TPS dengan mengacu pada aturan dan pedoman pembentukan Pengawas TPS.


"Syarat bebas narkoba sebagai dasar hukum berpedoman kepada Keputusan Ketua Bawaslu Republik Indonesia Nomor 28/HK.01/K1/01/2024 tertanggal 12 Januari 2024 tentang Perubahan Keputusan Ketua Bawaslu Nomor 504/KP.01/k1/12/2023 tentang petunjuk tehnis pembentukan dan penggantian antar waktu pengawas tempat pemungutan suara dalam pemilu tahun 2024," terang Taufiq yang merupakan mantan wartawan Televisi itu.


Taufiq menjabarkan, masa tugas Pengawas TPS tersebut selama 1 bulan sejak pengucapan sumpah/janji sampai dengan proses pungut hitung selesai dilaksanakan.


"Adapun yang hadir pada saat pelaksanaan tes narkoba pada hari ini berjumlah 449 orang, sedangkan yang tidak hadir berjumlah 40 orang, ke empat puluh orang ini nanti akan kita fasilitasi untuk pelaksanaan tes narkoba pada hari minggu," pungkas Taufik. [Sm]

Komentar

Tampilkan

Terkini