-->








Hasil Rekap Kecamatan se-Dapil Aceh 1, Rafly Kande, Dekfad dan Salim Fahri Terdepak dari Senayan

07 Maret, 2024, 05.11 WIB Last Updated 2024-03-06T22:11:36Z
LINTAS ATJEH | BANDA ACEH - Tiga caleg incumben DPR RI dari Dapil Aceh I berpeluang besar terdepak dari kursi legislatif di Senayan, digantikan wajah baru. Sementara 4 (empat) caleg incumben lainnya memantapkan posisi akan kembali melenggang ke DPR RI.

Ketiga caleg incumben yang berpotensi besar terdepak dari DPR RI pada pemilu 2024 ini yaitu Rafly Kande dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Dekfad dari Partai Gerindra, dan Salim Fahri dari Partai Golkar. Sementara caleg incumben yang memastikan diri akan kembali menuju Senayan yakni H Nazaruddin Dekgam dari Partai Amanat Nasional (PAN), H Irmawan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Illiza Saaduddin Djamal dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan H Teuku Riefky Harsya dari Partai Demokrat.

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi tingkat kecamatan di Dapil Aceh 1, caleg Incumben Rafly Kande harus ikhlas karena PKS hanya mendulang suara total sebanyak 112.020 suara dan hanya menempati suara ke delapan sementara kursi yang tersedia untuk Dapil Aceh 1 hanya sebanyak 7(tujuh) kursi. Walaupun sangat sulit, namun caleg incumben PKS itu tetap berpeluang dan hanya bisa berdoa agar PPP tidak lolos Parlementary Resort (PT) sehingga PKS kembali bisa mengambil kursi terakhir dan mengantar kembali perwakilannya ke Senayan. Di lain sisi, perolehan suara terbanyak ketujuh yakni Partai Demokrat meraup 129.733 dan selisih ini sangat jauh dari PKS yang berada diposisi kedelapan, kendatipun nantinya terjadi pergeseran suara di rekap tingkat kabupaten atau provinsi.

Sementara itu, Fadhlullah Dekfad caleg incumben dari Partai Gerindra Aceh juga gagal mengantarkan perwakilannya kursi DPR RI, karena hanya Gerindra hanya mampu meraup 92.593 dengan posisi peringkat ke 10 bahkan berada di bawah kursi kedua PKB, setelah dilakukan pembagian bilangan 3 sebagaimana sistem saint langue.

Namun berbeda halnya dengan Partai Golkar. Partai berlambang beringin ini meraup suara signifikan mencapai 256.080  sayangnya hanya bisa mengirim satu perwakilan di DPR RI, sehingga Salim Fahri harus merelakan caleg lainnya dari Golkar yakni Drs HT Zulkanaini Ampon Bang yang mampu meraih suara internal lebih unggul dengan perolehan 91.648.

Untuk kandidat incumbent lainnya yang memantapkan diri akan kembali ke Senayan diantaranya H Nazaruddin Dekgam. Presiden klub Persiraja ini mampu mendulang suara terbanyak DPR RI di dapil Aceh 1 dengan suara badan mencapai 135.697 bahkan lebih tinggi dari total suara caleg PAN lainnya ditambah dengan suara partai, dimana PAN berhasil meraup 185.401 suara.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM 

Irmawan juga memantapkan diri kembali ke kursi panas DPR RI dengan perolehan suara sudah mencapai 124.112, dan PKB juga memantapkan posisi partai dengan suara terbanyak banyak hingga mencapai 319.680 suara, hanya saja Partai besutan kandidat  Cawapres 01 ini belum mampu menambah perolehan kursi di Dapil Aceh 1.

Berikutnya, caleg perempuan Illiza Saaduddin Djamal juga memastikan dirinya akan kembali ke Senayan setelah memperoleh 106.800 suara badan serta 137.818 total suara partai dan caleg. Pun demikian posisi Illiza bisa saja terancam jika partai berlambang ka'bah itu gagal memenuhi PT 4%.

Pada posisi kunci, sosok politisi senior H T Riefky Harsya juga menjadi caleg DPR RI yang akan kembali mendapat kursi. Caleg peraih suara terbanyak pada Pemilu 2019 itu kali ini berdasarkan data D Hasil 99% baru memperoleh 85.246 suara badan dan untuk Partai Demokrat sebanyak 130.460.  Pun demikian jumlah suara itu dipastikan akan mengamankan posisinya untuk kembali ke Senayan.

Hal yang tak kalah menarik ada sosok politisi muda Barat Selatan, Jamaluddin Idham, SH MH. Kehadirannya di partai besutan Megawati itu mampu memecah telor kebuntuan PDI Perjuangan di Dapil 1 DPR RI. Jamaluddin dipastikan akan mulus ke Senayan dengan perolehan suara badan mencapai 73.429 dari total suara partai dan caleg PDI Perjuangan yang mencapai 134.295.

Sosok politisi senior Barat Selatan Aceh HT Zulkarnaini Ampon Bang yang bertarung kembali setelah kalah dengan Salim Fahri juga membuktikan mampu menggeser posisi incumben di partai berlambang beringin itu. Ampon Bang memastikan diri akan melaju ke Senayan dengan perolehan suara badan telah mencapai 91.648 dari total suara yang diraup Golkar sebanyak 258.598.

Hal yang tak kalah fantastis ada pada sosok H Muslim Ayub SH MH. Setelah sempat dikalahkan telak oleh Nazaruddin Dekgam pada Pemilu 2019 silam, Muslim Ayub mengambil langkah loncat partai dan berhasil merebut posisi Sekum DPW Partai Nasdem Aceh yang sebelumnya ditempati oleh Ketua Hiswana Migas Aceh H Nahrawi Nurdin. Namun, langkah Muslim Ayub berpindah partai justru membuahkan hasil gemilang, dia memastikan diri akan ke Senayan pada Pemilu 2024 ini setelah berhasil meraup 73.904 suara badan dari total 159.066 suara yang dicapai partai binaan Surya Paloh itu.

Sebagaimana diketahui, data tersebut diatas bersumber dari data D Hasil pada pleno rekapitulasi tingkat kecamatan se Dapil Aceh 1 dengan total suara terinput mencapai 99%lebih atau minus satu kecamatan di Kabupaten Pidie. Kendatipun terjadi pergeseran jumlah suara setelah data masuk 100 persen namun tak akan mempengaruhi signifikan untuk pergantian posisi suara badan caleg maupun posisi partai yang akan melaju ke DPR RI.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini