-->








Ngabuburit di Area Tugu Simpang Empat Kota Fajar

14 Maret, 2024, 18.09 WIB Last Updated 2024-03-14T11:09:26Z
LINTAS ATJEH |ACEH SELATAN - Ngabuburit jadi salah satu hal wajib bagi masyarakat di bulan ramadhan. Beragam aktivitas dapat dilakukan untuk mengisi waktu jelang buka puasa.

Ngabuburit atau jalan-jalan mencari tempat yang sejuk jelang menunggu waktu  berbuka puasa biasa dilakukan oleh setiap masyarakat. Sehingga tidak jarang masyarakat hilir mudik di jalanan khusus kaum pemuda pemudi yang mondar mandir mencari menu berbuka puasa. 

Biasanya tempat ngabubrit adalah sebuah tempat yang biasa dijadikan rekreasi keluarga atau hiburan keluarga, seperti bendungan, taman, alun-alun dan lain sebagainya.

Namun di Kota Kajar merupakan salah satu gampong yang ada di Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan. 

Di bulan puasa ramadhan 2024 ini dimana banyak masyarakat lalu lalang sore hari di jalanan mencari makanan untuk berbuka puasa. 

Tradisi ngabuburit yang dilakukan oleh masyarakat setempat dalam menyambut bulan suci ramadhan 1445 Hijriyah meramaikan titik jalanan tugu simpang empat Kota Fajar. 

Titik keramaian masyarakat yang lalu lalang terpantau di simpang empat Kota Fajar banyak masyarakat mondar mandir mencari cemilan makanan untuk berbuka puasa. 
TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM 

"Puasa tahun ini terbilang cukup meriah bagi saya bagaimana tidak, di hari pertama dan kedua puasa bulan suci ramadhan banyak masyarakat dan pemuda pemudi yang berkerumun di jalanan, tidak seperti biasanya. Puasa tahun lalu di hari pertama dan kedua bulan suci ramadhan tidak seramai ini memenuhi jalanan. Tahun ini tugu simpang empat Kota Fajar begitu padat sehingga menyebabkan kemacetan khususnya di area tugu simpang empat Kota Fajar," ujar Ismiati, salah satu masyarakat yang melihat keramaian di tugu simpang empat Kota Fajar, Kamis (14/03/2024).

Menurutnya, ngabuburit merupakan bagian aktivitas yang sering dilakukan apabila tiba bulan suci ramadhan. Dirinya sering menghabiskan waktu sorenya menjelang waktu berbuka puasa tiba, dendan jalan-jalan keliling Kota Fajar dan ke pantai Kuala Ba'u. 

Sambil jalan-jalan, ia melanjutkan membeli takjil atau makanan untuk berbuka puasa yang letaknya tidak jauh dari rumahnya. 

Sementara itu, salah sorang mahasiswi Syifa yang sedang berlibur kuliah sengaja menghabiskan waktu ngabuburitnya untuk menunggu berbuka puasa. 

Menurutnya, di hari pertama kedua dan 15 puasa masih ramai masyarakat lalu lalang di jalanan tugu simpang empat Kota Fajar. Apabila memasuki akhir puasa, ngabuburit akan sepi di area simpang empat Kota Fajar.

"Kepadatan masyarakat pada saat ngabuburit di hari pertama dan kedua puasa bulan suci ramadhan 2024 di tugu simpang empat Kota Fajar sangat mengejutkan masyarakat karena berbeda dengan bulan puasa sebelumnya tidak seramai bulan puasa tahun ini yang begitu ramai pengunjung dan mondar mandir mencari takjil untuk berbuka puasa," ungkapnya.[Syahrul Amin/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini