-->








Pemerintah Aceh Wajib Memperhatikan Objek Wisata Pasie Kuala Ba'u

20 Maret, 2024, 18.58 WIB Last Updated 2024-03-20T11:58:07Z
LINTAS ATJEH |  ACEH SELATAN - Kabupaten berjuluk Kota Pala begitu banyak menyimpan pesona alam objek wisata yang wajib di kunjungi apabila berkunjung ke Aceh Selatan, dari objek wisata Tingkat Tujuh, Tapak kaki Tuan Tapa, sampai pemandian Panjupian. 

Salah satu tempat objek wisata yang belum diketahui atau belum di eksplore oleh masyarakat di luar daerah yaitu objek wisata Pantai Pasie Kuala Ba'u. 

Pasie Kuala Ba'u merupakan sebuah gampong yang terletak di Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Kira-kira 49 menit dari Tapaktuan ke Pasie Kuala Ba'u. 

Pantai yang eksotis dengan pohon kelapa dan pohon cemara menambah keindahan alam Pantai Pasie Kuala Ba'u ini. 

Objek wisata Pantai Pasie Kuala Ba'u menyajikan keindahan pesona pantainya untuk berfoto bersama pasangan, sahabat dekat, maupun bersama keluarga untuk menghabiskan waktu  bersantai.

Tidak sedikit pemuda pemudi juga sering berkunjung ke tempat ini, karena untuk mengambil foto sunset apabila waktu sore hari. Banyak masyarakat yang menyempatkan untuk berkunjung ke Pantai Pasie Kuala Ba'u ini.

Nama Kuala Ba'u diambil dari bahasa Aceh dimana Kuala berarti muara dan Ba'u berarti pohon kelapa. Nama ini  sesuai dengan pantainya yang mempunyai muara di sekitar pantainya, sedangkan di muaranya terdapat pohon kelapa yang tumbuh, makanya nama pantai ini dibuat sedemikian rupa.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM 

Keindahannya membuat wisatawan lokal sering mengunjungi tempat tersebut ketika ada acara budaya atau sekedar ingin berkunjung menikmati pemandangan objek wisata Pantai Pasie Kuala Ba'u. Sehingga menciptakan daya tarik tersendiri bagi wisawatan lokal untuk berkunjung, tidak jarang pula masyarakat memanfaatkan objek yang ada di Pantai Pasie Kuala Ba'u sebagai tempat foto pernikahan.

Apalagi di bulan puasa tahun 2024 ini banyak masyarakat maupun pemuda menghabiskan ngabuburitnya di Pantai Pasie Kuala Ba'u dari yang memancing ikan maupun berpfoto di pinggir pantai dengan disuguhkan pemandangan pohon cemara dan pohon kelapa yang berbaris di pantai Pasie Kuala Ba'u.

Akan tetapi, banyak kekurangan yang ada di Pantai Pasie Kuala Ba'u ini seperti sampah yang berserakan, infrastruktur yang kurang lengkap untuk mengikat daya tarik wisatawan berkunjung ke tempat ini. 

Salah satu masyarakat yang berkunjung  mengatakan apabila Pantai Pasie Kuala Ba'u ini tertata dengan baik, tidak menutup kemungkinan masyarakat yang tinggal di Pasie Kuala Ba'u akan meningkatkan perekonomian masyarakat disini menjadi terbantu. 

Pendapatnya seperti uang masuk (Tiket) Rp. 3.000 untuk sepeda motor, Rp. 4.000 untuk mobil,  menjual makanan, menjual air kelapa muda, dan makanan yang lainnya.

"Apabila tertata dengan baik otomatis pemerintah daerah akan memantau keadaan objek wisata Pantai Pasie Kuala Ba'u tersebut sehingga pemerintah memberikan anggaran untuk membenahi objek wisata Pantai Pasie Ba'u ini menjadi lebih baik apalagi disana ada tempat peninggalan bersejarah yaitu Bupaleh otomatis pemerintah akan lebih memperhatikannya," ujar Syahrul Amin, S.Sos kepada media ini, Rabu (20/03/2024).

Sementara salah satu mahasiswi cantik dari Universitas Teuku Umar Prodi Akuntansi Susilawati mengatakan Pasie Kuala Ba'u lumayan indah akan tetapi tidak ada penjaga sehingga   banyak sampah yang berserakan di sekitar Pantai Pasie Kuala Ba'u, menjaga kebersihan dari kotoran hewan peliharaan penduduk setempat seperti kerbau dan sapi supaya tidak tercemarnya kotoran di area Pantai Pasie Kuala Ba'u.

"Pantai paling ujung Pasie Kuala Ba'u sebetulnya bagus untuk berfoto akan tetapi setelah saya berkunjung ke tempat ini pantai paling ujung Pasie Kuala Ba'u tidak terawat lagi. Padahal kemarin cocok untuk berfoto, sekarang banyak semak belukar disana dan pinggiran bibir Pantai Pasie Kuala Ba'u mulai dikikis oleh air laut."[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini