-->








Gawat! Tanggul Sungai Tamiang Muka Sei Kuruk Nyaris Jebol

08 Februari, 2016, 18.18 WIB Last Updated 2016-02-08T11:20:22Z
ACEH TAMIANG - Saat ini para warga di Kecamatan Seruway sangat merasa cemas. Pasalnya, tanggul sungai Tamiang yang melintasi Dusun Arung Gajah, Desa Muka Sei Kuruk, mengalami retak-retak dan nyaris jebol.

Kepada lintasatjeh.com, seorang warga Radiah Husin S.Pdi, menjelaskan bahwa penyebab terjadinya keretakan pada tanggul tersebut karena dihantam hujan deras selama tiga hari berturut-turut semenjak Jum'at (5/2/16) hingga Minggu malam (7/2/2016).

Radiah menambahkan, jika hujan terus turun beberapa hari lagi, maka diperkirakan tanggul yang melintasi desa mereka akan jebol dan mengakibatkan air sungai Tamiang akan meluap ke pemukiman warga.  

"Jika tanggul jebol maka yang akan terendam banjir bukan saja Desa Muka Sei Kuruk, namun hampir sebagian besar desa di Kecamatan Seruway ikut merasakan dampaknya," terang ibu rumah tangga yang berprofesi sebagai guru Agama Islam di MTsN Seruway.

Sementara Datok Desa Muka Sei Kuruk, Alfian mengatakan bahwa pada mulanya segenap aparat desa para warga beserta pemuda yang langsung dikoordinir oleh Kadus Arung Gajah, Hasballah dan Sekdes, Muhammad Rezki berupaya melakukan goyong-royong untuk memperbaiki tanggul yang retak.

"Tapi karena keretakan tanggul tersebut sudah dalam katagori parah maka saya langsung mengambil inisiatif untuk menurunkan alat berat jenis excavator ke lokasi. Kita harapkan semoga bisa kita tanggulangi terlebih dahulu sebelum turunnya bantuan dari kabupaten," ungkapnya.

Terpisah, Camat Seruway, Zainuddin S.Sos menyampaikan bahwa untuk penanggulangan darurat pihaknya telah melakukan koordinasi dengan datok setempat.

"Hari ini kami usahakan masuk alat berat jenis excavator untuk menimbun tanggul yang nyaris pecah. Selanjutnya, kami segera memohon kepada pihak pemda untuk perbaikan secara permamen," pungkasnya. [zf] 
Komentar

Tampilkan

Terkini