500 Linmas Abdya Siap Amankan TPS

ABDYA - 500 personil Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang selama ini dididik dan dilatih di Satpol PP Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) diserahkan kepada pihak Kepolisian. Penyerahan Linmas tersebut untuk ikut serta melakukan Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pilkada mendatang.

Penyerahan dilaksanakan dalam apel siaga Linmas dipimpin Plt Sekda Abdya, Drs. Thamrin, di halaman kantor bupati setempat. Dalam kegiatan itu turut dihadiri Kapolres Abdya, Wakapolres Abdya para asisten, para Kapolsek dalam kabupaten Abdya serta para undangan lainnya, Senin (13/02/2017).

Thamrin dalam sambutannya menegaskan, sukses pelaksanaan pilkada tidak hanya menjadi tanggungjawab KIP selaku penyelenggara saja, tetapi merupakan tanggung jawab bersama baik pemerintah maupun seluruh elemen masyarakat.


Untuk itu, Thamrin menegaskan pelaksanaan Pilakda tahun 2017 di Kabupaten Abdya perlu didukung kesiapan yang mantap dan akurat. Sehingga masyarakat yang berhak memilih dapat menyalurkan aspirasi politik dengan aman, tenang dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

“Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk ikut melaksanakan kegiatan memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, termasuk melaksanakan penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum,” tegasnya.

Ia juga berharap kepada seluruh personil Linmas yang dilibatkan sebagai petugas pengamanan TPS agar bertanggungjawab penuh terhadap keamanan dan ketertiban lokasi TPS.

“Disiplin dan memahami karakteristik daerah serta sosial merupakan unsur penting yang harus dimiliki,” demikian pesannya.[ADI S] 

Baca Juga