Melirik Destinasi Wisata di Bumi Tuan Tapa

ACEH SELATAN - Aceh Selatan adalah salah satu kabupaten di Provinsi Aceh yang menyimpan banyak potensi untuk dikembangkan, salah satunya adalah bidang pariwisata, baik wisata alam maupun sejarah.

Kabupaten yang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil pala terbesar di Aceh itu dikatagorikan sebagai kawasan wisata yang harus diperhatikan pemerintah, pasalnya Bumi Tuan Tapa ini memiliki beberapa objek pariwisata potensial.

Beberapa obyek wisata Aceh Selatan juga menjadi salah satu pilot project dalam rangkaian pelantikan DPC PPWI Aceh Selatan, HUT Lintas Atjeh dan diklat jurnalistik warga, Jum’at (07/04/2017).

Berikut beberapa objek wisata yang terdapat di Kabupaten Aceh Selatan yang harus dikunjungi di Kota Naga:

1. Tapak Kaki Tuan Tapa

Tapak kaki Tuan Tapa, merupakan salah satu objek wisata yang paling populer di Tapaktuan. Situs tersebut adalah salah satu bekas tapak kaki raksa yang diyakini milik Sang Tuan Tapa yang berada di Gunung Lampu. Tempat ini tampak selali ramai dikunjungi, baik oleh warga yang berasal dari luar daerah, turis nasional maupun manca negara.

Setiap orang yang berkunjung ke bumi Tuan Tapa, tak pernah melewati kunjungannya ke situs tapak berukuran besar tersebut. Pengunjung luar daerah merasa tidak puas sebelum berkunjung ke situs tersebut.

 

2. Pemandian Ie Sijuk Panjupian

Ie Sijuk Pamjupian adalah salah satu tempat pemandian populer yang berada di Tapaktuan. Pemandian ini sudah sangat terkenal di Aceh Selatan dan kabupaten tentangga di sekitarnya seprti Aceh Barat Daya (Abdya), dan Aceh Singkil. Pemandian ini terletak di Gampong Panjupian, sekitar 7 KM dari Tapaktuan atau hanya menempum perjalanan sekitar 10 menit perjalanan dari pusat kota.

Objek wisata pemandian Penjupian ini tidak susah ditemukan para pengunjung wisata dari luar daerah, pasalnya, anda akan melihat sebuah palang yang menunjukkan tempat pemandian Ie Sijuk Panjupian tepat di sebuah tikungan jalan setelah menuruni gunung Panjupian. Air di kolamnya pun begitu dingin dan menyejukkan, karena bersumber langsung dari air pegunungan yang berada diatasnya.

Disebut-sebut, airnya di kolam ini mengandung CaCO3 walaupun tetap aman bagi tubuh. Suhu airnya juga sangat dingin dan sejuk, bagi yang tidak tahan dingin, bahkan disarankan tidak usah mandi terlalu lama, karena dikhawatirkan bisa sakit.

Pemandian ini dikelola oleh masyarakat sekitar. Untuk masuk ke trmpat tersebut, pengunjung harus membayar. Bagi anda yang menggunakan mobil, maka akan dikenakan biaya Rp. 5.000, tapi jika menggunakan sepeda motor, maka akan dikenakan biaya Rp. 2.000/orang.

Bagi anda yang muslim juga tidak perlu khawatir selama berada di kawasan ini, pasalnya di area pemandian ini fasilitasnya cukup memadai. Terdapat mushalla bagi yajg akan melaksanakan kewajiban shalat, sejumlah warung bagi yang ingin membeli sejumlah makanan ringan, terdapat area permainan anak, lapangan parkir juga luas, kamar ganti, dan sekumlah kolam dengan berbagai ukuran dan kedalaman yanh berbeda.

3. Air Terjun Tingkat 7

Pemandian lainnya di Tapaktuan yang sudah populer di mana-mana, yakni Air Terjun Tingkat Tujuh. Sesuai namanya, air terjun ini bertingkat hingga tujuh tingkatan. Konon dulu disebut, tempat ini merupakan tempat pemandian Sang Putri Naga yang merupakan sebuah Mahakarya Naga Jantan. Airnya di kolam ini tawar, jernih dan sangat menyegarkan, sehingga setiap orang dapat melihat batu-batu besar yabg berada di  dasar sungai yang kedalamannya sekitar 3 meter itu.

Pemandian ini terletak di Gampong Batu Itam yang berjarak sekitar 5 Km dari Tapaktuan ke arah Medan, tepatnya sebelum Pemandian Panjupian. Akses menuju tempat ini sekarang pun sudah cukup mudah karena Pemkab Aceh Selatantelah membuka jalan menuju salah satu destinasi wisata terbaik di Kota Tuan Tapa ini.

Sebelumnya, menuju tempat ini begitu susah karena harus menyusuri sungai sambil terus mendaki sejauh 1km, tentu saja perjalanan yang membutuhkan tenaga ekstra. Namun saat ini, bagi anda yang akan berkunjung ke tempat tersebut sudah sangat mudah, apalagi dapat menikmati pemandangan indah kebun pala milik masyarakat setempat yang berjejer di sepanjang jalan menuju tujuan.
Selain tiga objek wisata yang telah dijelaskan diatas, juga terdapat sejumlah destinasi wisata lainnya yang harus anda kunjungi jika ingin memuaskan diri menikmati keindahan alam kabupaten yang dipimpin Bupati HT Sama Indra tersebut. Diyakini, anda takkan pernah puas mengelilingi Kota Naga dan sejumlah destinasi di Bumi Tuan Tapa ini.

Beberapa objek lainnya antara lain seperti Batu Hitam dan Batu Merah, Gampong Wisata Lhok Reukam dan Pantai Pasie Setumpuk, Pemandian Air Bentiang, Pantai  Cemara, Puncak Gemilang, Jambo Hatta dan sejumlah objek lainnya. Jika anda ingin terpuaskan, anda akan butuh beberapa hari di Kabupaten ini, atau selain dirundung rindu, anda juga akan dirundung rasa penasaran.[Haes PPWI]

Baca Juga