Nikmati Keindahan Tapak Tuan Tapa, Kolam Panjupian Hingga Panorama Hatta


ACEH SELATAN - Tim Wartawan Lintas Atjeh bersama rombongan PPWI mengunjungi tempat wisata di Aceh Selatan seusai mengikuti acara Ultah Lintas Atjeh yang ke-3. Rombongan jurnalis Lintas Atjeh bersama Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) mengunjungi beberapa tempat wisata yang bersejarah di sekitar Tapaktuan.

Adapun rute pertama yang dikunjungi oleh awak rombongan media ini adalah tempat wisata Tapak Tuan Tapa yang beralamat Gampong Hilir, Kecamatan Tapaktuan. Tempat rekreasi ini sangat dikenal dan disenangi para pengunjung dari berbagai daerah, karena di lokasi tersebut memiliki sejarah khusus masa nenek moyang kita dulu.

Selanjutnya, rute kedua yang dikunjungi rombongan adalah tempat wisata bersejarah Putri Naga di Jalan Syech Abdul Rauf Tapaktuan tepatnya di samping Pendopo Bupati Aceh Selatan.

Di lokasi tersebut, rombongan Jurnalis dan PPWI serta pengunjung lainnya banyak mengabadikan momen-momen indah di tempat wisata ini sambil berfoto selfi maupun foto bersama.

Menurut pengunjung dari Kota Langsa Azis Setiawan  mengatakan ‘Naga’ yang dibuat dari berbatuan cetakan ini pasti ada makna khusus yang bersejarah, sehingga masyarakat senang mengunjungi di lokasi ini.

"Senangnya kami berkunjung di Kawasan Tapaktuan, karena disini banyak tempat berekreasi serta memiliki sejarah. Disamping itu pula pemandangan dan panoramanya pun sangat indah," terangnya.

Sesudah itu, rombongan langsung menuju ke tempat area wisata alam dan kolam renang tepatnya di Gampong Panjupian, Kecamatan Tapaktuan. Warga sekitar yang tidak mau menyebutkan namanya mengatakan kepada Lintas Atjeh bahwa air kolam pemandian itu bersumber dari air pegunungan yang tidak jauh dari lokasi pemandian hanya berjarak 50 meter saja.

Setelah puas menikmati air pegunungan, merupakan tempat bersejarah yakni Panorama Hatta, tempat Proklamator/Wakil Presiden RI Drs. Mohammad Hatta yang pernah beristirahat dalam perjalanan keliling Aceh di Tahun 1953. Saat itu Mantan Wakil Presiden RI Drs. Mohammad Hatta singgah di Tapaktuan bertujuan untuk memperat persatuan dan kesatuan bangsa, di Desa Lhok Rukam, Kecamatan Tapaktuan.

Elgi Pratiwi selaku pengelola warkop yang berada di tempat tersebut mengatakan monumen bersejarah yang berada ditempat ini khususnya, sering sekali dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai daerah.

Biasanya pengunjung yang singgah ketempat ini, sering sekali pada hari libur. Adanya para pengunjung ke tempat ini, kami pun masih bisa berjualan serta merawat (bersihkan) tempat tersebut.

"Sebenarnya bangunan tempat wisata ini dibangun oleh PT. Arun Lhokseumawe. Di tempat warkop ini kami yang mengelola sambil menjaga serta membersihkan lokasi tempat ini," terang Elgi Pratiwi kepada LintasAtjeh.com, Sabtu sore (08/04/2017).[Mahfud]

Baca Juga