Wartawan Senior TVRI Transfer 'Ilmu' Liputan Televisi

LANGSA - Wartawan Senior TVRI, Aji Permana Jaya memberikan materi pembuatan berita video dalam diklat jurnalisme warga bagi anggota PPWI dan masyarakat umum se-Provinsi Aceh di Hotel Harmoni Langsa, Jumat (14/04/2017).

Dalam pemaparannya, Mas Aji menyampaikan bahwa secara teknis dalam pembuatan berita video harus memperhatikan beberapa hal penting diantaranya teknis pengambilan gambar, pencahayaan, durasi dan pembuatan narasinya.

"Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan berita video tapi dalam pertemuan singkat ini kita fokuskan itu dulu," katanya.

Dalam materi Mas Aji, para peserta diklat sebanyak 60 orang lebih, selain diberikan materi teori juga dilaksanakan praktek langsung di lapangan dengan dibagi menjadi empat kelompok.

Adapun kelompok pertama didampingi Ketum PPWI mengambil materi peliputan kegiatan diklat jurnalisme warga. Kelompok kedua, didampingi Fahrul Razi dengan tema gerakan anti narkoba.

Selanjutnya, Ari Muzakki mendampingi Tim 3 dengan materi liputan "Operasi Tangkap Tangan" dan Tim 4 dibawah arahan Mas Aji dengan materi "Penangkapan Bandar Narkoba".

Sedangkan hasil peliputan, semuanya ditayangkan di layar infokus sehingga para peserta diklat bisa melihat langsung karya masing-masing tim.

Suasana riuh dan penuh tawa pecah ketika masing-masing video peliputan tim diputar. Bukan hanya teknik pengambilan gambarnya yang 'aneh bin ajaib' tapi materi liputan juga tak kalah hebohnya dengan berita-berita yang sering muncul di televisi nasional.

"Ha..Ha...Ha, yang ngambil gambar mumang (pusing)," celetuk peserta disambut gelak tawa.

Setelah menyaksikan hasil liputan para tim, Mas Aji dibantu Ketum PPWI memberikan koreksi dan masukan terutama teknik pengambilan gambar yang tidak tenang dan fokus.

"Meskipun ada kekurangan disana-sini, tapi sudah lumayan. Tinggal perbaiki durasinya dan pengambilan gambarnya. Kalau naskah dinilai sudah dapat 85," kata Mas Aji disambut tepuk tangan peserta.

Salah satu peserta, Umar dari BeritaAtjeh.net sangat beruntung dengan mengikuti diklat ini.

"Kita tambah ilmu, ini yang penting," katanya bangga.

Selain materi liputan video, sebelumnya, Ketua Umum PPWI Wilson Lalengke memberikan materi tentang selayang pandang jurnalisme warga serta materi penulisan berita untuk artikel.

Diklat jurnalistik warga ini dilaksanakan DPC PPWI Langsa bekerjasama dengan Anggota DPD RI Fachrul Razi.[Red]

Baca Juga