Babinsa Ramil 13/BDH Awasi Stok Pupuk Bersubsidi

ACEH TAMIANG - Babinsa Ramil 13/Bendahara Serda Erwan lakukan pengecekan atas stok pupuk UREA bersubsidi yang disimpan di UD. Tani Jaya Desa Mesjid Sungai Iyu Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang.

Serda Erwan bertugas sebagai salah satu anggota Penyerapan Gabah (Sergap) yang dibentuk oleh Kodim 0104/Aceh Timur dan dicanangkan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo beberapa waktu yang lalu. Tim sergap tersebut merupakan bentuk tindak lanjut pendampingan pertanian kerjasama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memaksimalkan ketahanan pangan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Babinsa ini menerangkan bahwa pengecekan Pupuk bersubsidi ini adalah suatu bentuk upaya untuk mengurangi dan mencegah penyalahgunaan atau penyelewengan yang kerap dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk memperkaya diri sendiri. Seyogyanya, Pupuk bersubsidi ini ditujukan untuk membantu para petani dalam meningkatkan hasil produksi pangan secara maksimal.

“Tentunya, harga pupuk bersubsidi lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Pupuk Non Subsidi. Oleh karena itu, perlu diadakan pengawasan dalam penyimpanan stok hingga pendistribusian Pupuk tersebut kepada petani,” terang Serda Erwan kepada LintasAtjeh.com, Selasa (02/05/2017).

Sementara itu, Danramil 13/BDH Kapten Inf Suharno, saat dikonfirmasi LintasAtjeh.com, membenarkan bahwa pengecekan Pupuk Bersubsidi yang dilakukan oleh salah satu Babinsanya itu adalah sebagai Alat Kendali Tim Sergap untuk memaksimalkan pendampingan pertanian kerjasama antara TNI dengan Kementan. Dalam hal ini, Petani betul-betul dikawal agar dapat meningkatkan hasil produksi pangan.


“Tidak hanya dalam bentuk pengawasan, tetapi mulai dari turun kesawah untuk membantu penyemaian bibit, perawatan hingga panen, bahkan sampai penyerapan gabah pun petani selalu didampingi oleh Babinsa. Ini adalah bukti keseriusan TNI dalam membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat dan meningkatkan swasembada pangan,” pungkas Danramil Bendahara.[Mahfud]

Baca Juga