Kebakaran Lahan di Ie Medama, Koramil Trumon Bersama Masyarakat Padamkan Api

ACEH SELATAN - Anggota Koramil 09/Trumon bersama masyarakat setempat memadamkan api yang membakar lahan kebun seluas 1 hektar di Desa Ie Medama, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (18/06/2017).

Menurut keterangan warga, Mahmudin (43) yang memiliki kebun bersebelahan dengan lahan kebakaran tersebut bahwa sumber api berasal dari semak, rerumputan dan batang kayu kering yang dibakar oleh pemilik kebun pada saat pembersihan lahan dua hari yang lalu.

"Karena musim kemarau api cepat menjalar, penjaga kebun berusaha memadamkan tapi api terus membesar. Kebun yang terbakar itu termasuk milik saya, milik Bapak Bahrum Kadis PUPR Aceh Selatan dan David anggota Polres Aceh Selatan," katanya.

Selain itu, Danramil 09/Trumon Kapten M. Nasir mengatakan Pemadaman dilakukan selama 4 (empat) jam, dengan menggunakan alat dan sarana manual.

"Pemadaman dilakukan secara manual, Babinsa dan masyarakat bersama-sama berjibaku menghentikan api," ungkap Danramil.

Ia menambahkan, sebisa mungkin api dipadamkan, supaya tidak menjalar lebih luas lagi. Kami gunakan alat manual seperti  dipukul-pukul dengan dahan kayu basah dan disiram pakai air lumpur yang ada di lokasi.

"Kebakaran sudah terjadi 2 hari yang lalu. Untungnya, tadi malam hujan turun, upaya pemadaman api lebih mudah," tutupnya.

Kebun yang terbakar tersebut merupakan bekas lahan sawit yang akan dibersihkan. Hingga saat ini api sudah berhasil dipadamkan, namun Koramil setempat terus melakukan pemantauan kemungkinan munculnya api lagi.[Red]

Baca Juga