Kodim Aceh Selatan Perkuat Motivasi Generasi Muda

ACEH SELATAN - Serangkaian kegiatan “Pekan Pancasila”  dan memperingati Hari Lahir Pancasila, Kodim 0107/Aceh Selatan menggelar acara Outbond yang dimeriahkan oleh 130 peserta dari siswa SLTA se-Kabupaten Aceh Selatan, bertempat di lapangan upacara Makodim 0107/Asel, Gampong Lhok Bengkuang Barat, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu (10/06/2017) kemarin.

Acara tersebut dihadiri oleh Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto, para perwira Staf Kodim 0107/Aceh Selatan, para Danramil, pembina pramuka, Anggota Makodim dan Koramil serta para peserta siswa SLTA sederajat se-Kabupaten Aceh Selatan.

Sebelum masuk ke materi kegiatan outbound antara lain water estafet, permadani terbang, tongkat estafet, buldozer, bola tali dan holahop, terlebih dahulu diisi dengan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB). Permainan ini merupakan bentuk kerjasama tim untuk melatih kekompakan, kebersamaan, kesabaran dan kedisiplinan.

Dandim 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan  PBB dan outbond yang dikemas dalam pekan Pancasila yakni untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan, memupuk kebersamaan sebagaimana yang tertuang dalam butiran Pancasila.

“Pemahaman, penghayatan dan pengamalan Pancasila harus terus diberikan khususnya kepada generasi muda yang merupakan penerus bangsa, dalam permainan ini juga terkandung esensi nlai-nilai pancasila, kita mulai dari generasi muda,” ungkap Dandim.

Terlihat seluruh siswa begitu antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan, mereka mengikuti dengan fun meskipun sebagian besar sedang melaksanakan ibadah puasa, begitu juga dengan koordinator kegiatan memberikan instruksI dan semangat kepada peserta outbond.

Pesan yang ingin disampaikan dalam kegiatan "Pekan Pancasila” ini adalah dihadapkan kondisi bangsa indonesia Sekarang mulai bermunculan golongan orang-orang yang mulai merongrong eksistensi NKRI, Pancasila, Kebhinekaan dan melakukan provokasi, sehingga nilai-nilai Pancasila memudar.

"Anak muda harus menjaga jangan sampai amnesia terhadap Pancasila sehingga harus memperkuat motivasi generasi muda, kaum muda jangan hanya terkesima dengan bangsa lain tetapi lupa menjaga jatidiri bangsa ini yaitu Pancasila".[Red]

Baca Juga



close
Banner iklan disini