Masyarakat Kota Bahagia dan Bakongan Sangat Antusias Rayakan Lebaran Idul Fitri

ACEH SELATAN - Suasana masyarakat Bakongan dan Kota Bahagia dalam menyambut lebaran Idul Fitri sangat antusias dengan melakukan shalat Hari Raya Idul Fitri dipenuhi dengan jamaah di seluruh masjid.

Hal tersebut disampaikan Maskirdi kepada LintasAtjeh.com, selaku warga Rambong, Kecamatan Kota Bahagia, Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (25/06/2017).

Menurut Maskirdi, masyarakat berbondong-bondong ke masjid dari pagi untuk melaksanakan sholat berjama'ah Idul Fitri.

"Setiap masjid dipenuhi dengan jama'ah sholat Idul Fitri yang hadir bersama kelurganya hingga memenuhi masjid menyambut hari kemenangan bagi umat muslim setelah berpuasa tiga puluh hari," katanya.

Selain itu, setelah shalat berjama'ah Idul Fitri masyarakat berkumpul bersama keluarganya di hari yang penuh ampunan untuk saling memaafkan diantara sesama ummat Islam.

"Setiap lebaran Idul Fitri sudah menjadi tradisi masyarakat untuk meminta maaf antara anak dan orang tua, sesama tetangga, serta mengunjungi kuburan orang tua, nenek, serta sanak saudaranya dengan memanjatkan doa agar diberikan ketenangan di alam kubur," ucapnya.

Ia menambahkan, masyarakat sangat antusias merayakan lebaran walaupun ada sebagian daerah yang masih melaksanakan ibadah puasa.

"Terbukti dari antusiasnya masyarakat dalam pawai takbir semalam. Apalagi waktu sholat Idul Fitri tadi di setiap masjid dipenuhi oleh jama'ah," lanjutnya.

"Masyarakat Kota Bahagia dan Bakongan masih menjaga tradisi dan kebiasaan lama untuk mengikat silaturrahmi antar warga," pungkas Maskirdi.[FA]

Baca Juga