Cegah Kanker Serviks Dini, Ratusan Ibu-Ibu Lakukan Pemeriksaan Pap Smear

LANGSA - Guna mencegah terjadi kanker serviks dini, ratusan ibu-ibu di Kota Langsa mengikuti pemeriksaan IVA/Pap Smear yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Langsa di empat Pukesmas dalam wilayah Kota Langsa, Selasa (18/07/2017).

"Pemeriksaan IVA/Pap Smear ini dilakukan di Pukesmas yang meliputi Kecamatan Langsa Barat, Langsa Kota, Langsa Baro dan Langsa Timur," kata Ketua Panitia pelaksana, Rice Handayani kepada LintasAtjeh.com.

Rice Handayani mengatakan, adapun ratusan peserta yang ikut melakukan pemeriksaan IVA/Pap Smear hari ini terdiri dari ibu-ibu PKK, perguruan tinggi IAIN Zawiyah Cot Kala, ibu Persit dan peserta JKN-KIS lainnya.

"Kegiatan pemeriksaan IVA/Pap Smear ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT BPJS Kesehatan ke-49 dan juga dalam rangka dukungan BPJS Kesehatan terhadap gerakan masyarakat hidup sehat yang berfokus pada upaya promotif prenentif terutama terhadap peserta JKN-KIS," terang Rice Handayani.

Selain itu, tambah Rice Handayani, pelaksanaan pemeriksaan IVA/Pap Smear ini adalah salah satu upaya unggulan yang dilakukan BPJS Kesehatan untuk menekan prevalensi kanker serviks pada peserta JKN-KIS.

"Layanan pemeriksaan IVA/Pap Smear ini dilakukan secara gratis. Jika setelah diperiksa dan peserta memerlukan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan berlaku," imbuh Rice Handayani.

Sebagai informasi, sambung Rice, kanker servick itu tidak menimbulkan gejala dan sulit terdeteksi pada stadium awal. Oleh karena itu, sebaiknya ibu-ibu melakukan skrining kesehatan melalui layanan kesehatan deteksi dini yang disediakan BPJS Kesehatan.

Rice Handayani menjelaskan bahwa Kanker servick umumnya baru terdeteksi ketika sudah stadium lanjut, dimana proses pengobatan harus dilakukan lebih sulit dan biaya pengobatan mahal.

"Dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, kanker serviks paling mudah dicegah dan dideteksi. Caranya cukup dengan melakukan deteksi dini dan pemberian vaksinasi," saran Rice.

Oleh karena itu, Rice menghimbau kepada seluruh peserta JKN-KIS untuk segera melakukan deteksi dini, baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun sarana penunjang lain yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

"Pemeriksaan IVA/Pap Smear merupakan metode pemeriksaan sederhana yang memiliki tingkat akurasi tinggi, aman serta nyaman bagi pasien," tutur Rice.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Langsa dr Herman, mengatakan kanker serviks merupakan penyakit mematikan nomor dua bagi kaum wanita. Karena kanker serviks penyakit yang susah diobati bila sudah masuk stadium tinggi.

Untuk mencegah kematian dini bagi kaum ibu, dr Herman meminta kepada ibu-ibu agar tidak takut melakukan pemeriksaan IVA/Pap Smear.[Mahfud]

Baca Juga