Bupati TS Serahkan 50 Kunci Rumah Nelayan di Jambo Manyang

ACEH SELATAN - Bupati Aceh Selatan H.T.Sama Indra, SH, menyerahkan kunci secara simbolis kepada 50 kepala keluarga yang menempati rumah khusus nelayan, bertempat di Dusun Suak Bugeh, Gampong Jambo Manyang Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan, Senin (28/08/2017).

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Bupati Aceh Selatan H.T.Sama Indra, Kadis PUPR Bahrum, Kalak BPBD Sufli, Kasatpol PP Rahmatuddin, Kadis Kelautan Cut Yusmainar, Kadis Sosial Musni Yakub, Kadis BPM Emifizal, Kadis Deprimdakop Mualimin, Kabag TU Izwar, S,Stp, Camat Kluet Utara H.Zainal.A, Mukim dan Keuchik se-Kecamatan Kluet Utara serta sejumlah 100 orang masyarakat.

Bupati TS yang datang bersama rombongan, langsung disambut oleh Camat Kluet Utara H. Zainal A didampingi sejumlah Mukim dan Keuchik se-Kecamatan Kluet Utara serta masyarakat yang mendapat bantuan rumah khusus nelayan.

Camat Kluet Utara H. Zainal A dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada bupati yang sudah sudi kiranya berkunjung untuk bersilaturrahmi dengan kelompok nelayan atau masyarakat nelayan Kluet Utara.

"Terimakasih banyak kepada masyarakat yang sudah setia menunggu di tengah terik panas matahari namun masih terpancar ceria di wajah ibu-ibu yang sebentar lagi akan mendapatkan kunci rumah untuk ditempati," katanya.

Selain itu, camat juga menjelaskan kondisi lingkungan perumahan nelayan kepada Bupati Aceh Selatan untuk mendapatkan perhatian lebih lanjut dalam mendukung sarana dan prasarana kemudahan akses jalan dan lain sebagainya.

"Kami jelaskan pak bupati, dari jalan masuk agar dapat dibangun jalan yang bagus untuk akses masuk ke lokasi perumahan. Kemudian di bagian belakang perumahan tepatnya sebelah kiri itu masih semak belukar dan itu masih tanah Pemda tembusnya ke sungai yang bermuara ke laut. Alangkah baiknya sungai itu dijadikan tempat berlabuh perahu atau bot kecil," demikian pintanya.

Lanjutnya, untuk menuju kesana perlu dibuatkan akses jalan, sehingga nelayan masih dapat dengan mudah menahkodai perahunya tidak perlu mencari-cari akses lainnya.

"Ini perahu awai tidak mungkin cari geunadeng lain, menyo perahu na kureng perle ta perbaiki bacut mantong (ini perahu lama tidak mungkin cari yang baru, kalau perahunya ada sedikit kekurangan maka tinggal kita perbaiki sedikit saja)," sebut camat dalam bahasa Aceh.

Menutup kata sambutannya, camat juga meminta kepada bupati agar membangun fasilitas tempat bermain dan tempat pengajian.

"Ada 50 KK yang tinggal disini, sudah pasti banyak anak-anak, maka dari itu kami kira perlu dibangun tempat pengajian," pungkas H. Zainal, Camat Kluet Utara.

Sementara Bupati Aceh Selatan H.T. Sama Indra, SH, yang pertama kalinya melihat perumahan nelayan di lokasi Jambo Manyang Kluet Utara merasa senang dan memberi apresiasi.
  
"Alhamdulillah kami cukup semangat  mengunjungi perumahan Kluet, karena lokasinya tampak bersih dan terawat. Ini adalah bukti keseriusan para penghuni rumah yang akan menduduki makanya jangan terpancing dengan orang-orang yang sengaja ingin menyudutkan pihak pemerintah," jelasnya.


Ia juga mengatakan, sebelumnya pernah mengunjungi perumahan nelayan di lokasi Labuhanhaji akan tetapi sangat berbeda.

"Disini lebih bagus, kalaupun ada sedikit kekurangan dan rusak akan kita perbaiki sesempurna mungkin. Untuk saat ini silahkan tempati dulu dan nikmati apa adanya," timpal Bupati TS.

Tak hanya itu, Bupati Sama Indra mengungkapkan bahwa untuk tahun ini Aceh Selatan juga mengajukan bantuan rumah dengan sumber yang sama.

"Saya jemput bola ke pusat, saya minta ke pusat untuk diberikan lagi bantuan rumah sejumlah 50 unit lagi di dua lokasi yang kita rencanakan. Namun pembangunannya bukan tahun ini, Insya Allah tahun depan," tuturnya.

Setelah menyampaikan kata sambutannya, bupati secara simbolis menyerahkan kunci rumah kepada salah seorang perwakilan dari warga nelayan yang mendapatkan bantuan rumah sekaligus melakukan "peusijuk" rumah beserta penghuni yang akan menempati rumah tersebut.

Perlu diketahui, masyarakat sangat senang dan merasa terbantu dengan pengadaan rumah yang dibangun oleh pemerintah melalui jasa kontraktor.

"Rumah sangat bagus, di dalam pekarangan ada jalan rabat beton juga, fisiknya juga bagus, kalaupun ada kerusakan sedikit itu hal biasa. Nanti juga akan diperbaiki kembali, seperti kata pak bupati," ungkap warga yang bersyukur atas bantuan pemerintah.[FA]

Baca Juga