Dandim Simeulue: Generasi Muda Harus Siap Hadapi Proxy War

SIMEULUE - Dandim 0115/Simeulue Letkol Inf Marwan Supriyanto, S. Sos, mengatakan peran pemuda sangat penting dalam menghadapi proxy war secara global.
Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan peningkatan Wasbang kepada OKP dan Pelajar bertempat di Warkop Jul Desa Air Dingin, Kecamatan Simtim, Kabupaten Simeulue, Sabtu (12/08/2017).

Letkol Inf Marwan Supriyanto, S. Sos, menyatakan bahwa generasi muda harus membangun karakter yang kuat demi menjaga kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, punya wawasan kebangsaan yang tinggi sehingga dapat menangkal segala ancaman dan tantangan dari pihak luar.

"Dihadapkan dengan situasi global yang tidak menentu, peran pemuda sangat strategis untuk mampu berkompetisi di segala bidang yang meliputi aspek Ipoleksosbud," ujarnya.

Kepada para OKP dan pelajar, Dandim juga memaparkan mengapa pemuda diberikan pengertian tentang pengetahuan perang masa kini yang terjadi di belahan dunia/belajar perang. Karena di dunia ini hanya ada dua macam pilihan hidup yaitu damai dan perang.

"Namun dalam perang modern sekarang ini dengan menggunakan proxy war tidak membutuhkan banyak prajurit atau menerjunkan prajuritnya langsung ke medan perang untuk menguasai suatu negara cukup dengan pihak ketiga ataupun melalui aspek lainnya," jelasnya.

"Diharapkan para pemuda dan pelajar mempunyai pemahaman dan berwawasan kebangsaan yang luas karena mereka adalah calon pemimpin, orang tua masa depan bangsa yang akan membuat jalan dan mencetak generasi bangsa menuju negara yang maju dan besar harapan kita semua. Pemuda dan pelajar diharapkan mampu menghadapi tantangan kedepan dan dapat membawa kontribusi yang positif bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara," tegas Dandim Simeulue.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danramil 01/Simtim Kapten Inf. Harry Soesanto, Mantan Ketua KNPI (Senior) Simeulue Rasji Tanjung, Ketua GM (Generasi Muda) FKKPI Simeulue Ade Oesman, Ketua BMPAN Simeulue Jack Enidar, Ketua BMI (Banteng Muda Indonesia) Simeulue Suhendri, Perwakilan Osis Madrasah Aliya Muhammadiyah Sinabang Yoyon Novanta, Wakil Sekretaris DPD KNPI Simeulue Budi Darso, S.Pd, Ketua FKKPI Simeulue Khairuddin BY, Ketua MPI (Majelis Pemuda Indonesia) KNPI Simeulue Dodi Juliardi Bas, S.STP, MM, Ketua DPD II KNPI Simeulue Herman Hidayat, SH, Ketua BKRMI (Badan Komunikasi Remaja Mesjid Indonesia) Simeulue Salman dan Ketua Osis Siswa/i SMA Negeri Sinabang.[Pen IM]

Baca Juga