-->








Ibu-ibu Desa Jilatang Samadua Ikuti Pelatihan Menjahit

03 Agustus, 2017, 16.41 WIB Last Updated 2017-08-03T09:41:24Z
ACEH SELATAN - Warga Desa Jilatang, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan melaksanakan pelatihan jahit - menjahit dalam rangka meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang menjahit yang diadakan di Gedung TPA Gammawar, Kamis (03/08/2017).

Keuchik Desa Jilatang, M. Yasin, S. Pd.I, dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan pelatihan ini merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat khususnya kaum ibu-ibu di Desa Jilatang.

"Kegiatan ini sebagai upaya pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan kaum ibu-ibu Desa Jilatang yang nantinya bisa meningkatkan enterpreuner ship (kewirausahaan) home industri rumah tangga dan hasilnya bisa menjadi penambahan ekonomi keluarga," ujarnya.

Dijelaskan keuchik, menjahit ini merupakan salah satu tujuan pemerintah Desa Jilatang untuk memberikan keterampilan warga, sehingga dapat membantu peningkatan penghasilan warga. Kedepan kita akan menggandeng BUMG Desa Jilatang untuk  menampung hasil dari produksi dan penambahan modal pada unit usaha BUMG Desa Jilatang ini. 

Masih kata dia, pelaksanaan kegiatan ini amanah yang diusulkan pada Musrenbang Gampong Desa Jilatang. Bagi peserta diharapkan serius mengikuti kegiatan ini karena dana kegiatan diambil dari uang desa. 

"Ini adalah amanah dan titipan masyarakat jadi disayangkan ketika dana ini tidak dimanfaatkan dengan baik dan berjalan sesuai dengan harapan yang diinginkan. Ini juga sebagai upaya transparansi dalam pengelolaan dana gampong dan komitmen pemerintah Desa Jilatang," ujar M. Yasin, Kepala Desa Jilatang.

"Bila ada keterampilan menjahit di desa tentu akan memberikan penghasilan tambahan yang dapat mencukupi kebutuhan hidup keluarga sehari-hari. Para peserta berlatihlah dengan benar,  pemerintah Desa Jilatang akan mendukung semua kegiatan ini demi kemajuan desa," harapnya.

Sementara itu, Anggota DPRK Aceh Selatan Yeni Rosnizar, SKM, pada kesempatan yang sama menyampaikan program ini sangatlah baik untuk pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat gampong. 

"Kami sangat mendukung kegiatan ini. Kedepan, Insha Allah saya akan mensupport kegiatan ini baik secara moril maupun materil," ucapnya memberikan support.

Pelatihan menjahit akan dilaksanakan mulai Agustus hingga September 2017 mendatang yang diikuti oleh 45 orang peserta dari ibu-ibu Desa Jilatang, Kecamatan Samadua.

Kegiatan tersebut dihadiri Anggota DPRK Aceh Selatan Yeni Rosnizar, SKM, Dra. Lernawati Setcam Samadua, Kepala Desa Jilatang M. Yasin, S.Pd.I, Nova Lismawati, Amd. Farm, Ketua PKK Desa Jilatang,  Perangkat Desa dan Tuha Peut Desa Jilatang, serta para peserta kostum menjahit ibu-ibu Gampong Jilatang. [FA]
Komentar

Tampilkan

Terkini