Pecatur Unmuha Banda Aceh, M. Akbar Juara Catur Selekda Pomnas

BANDA ACEH - M. Akbar pecatur utusan dari Universitas Muhammadiyah (Unmuha) Banda Aceh tampil sebagai juara seleksi daerah (Selekda) Aceh cabang olahraga catur, guna menghadapi pekan olahraga mahasiswa nasional (Pomnas) XV yang akan digelar di Makasar, Sulawesi Selatan, Oktober mendatang.

Pecatur Unmuha ini tampil sebagai juara setelah meraih nilai atau point skor (Pts) tertinggi 4,5 di kategori perorangan putra nomor catur klasik pada Selekda yang dilaksanakan Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Aceh yang berakhir, Kamis malam (24/8/2017) di Auditorium FKIP Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam, Banda Aceh.

M. Akbar memastikan dirinya juara setelah di babak terakhir (babak ke-5) menang atas rivalnya Fachrul Razi utusan dari Universitas Malikussaleh (Unimal), dalam permainan akhir bidak.

Sebagai juara, mahasiswa Fakultas Tehnik Unmuha ini berhak mengikuti Pomnas di Makasar. Peringkat kedua di kategori ini diraih Bobby Fischer dari Unsyiah memiliki nilai 4 Pts setelah menang atas Mari'e  Muhammad (Universitas AlMuslim) Bireuen, sekaligus lolos ke Pomnas.

Sedangkan kategori perorangan putri, juara diraih Famela (Unsyiah) nilai 4,5 Pts. Posisi kedua ditempati Annisha Aprilia P (UIN Ar-Raniry) nilai. Kedua pecatur ini bermain remis di babak terakhir, sehingga membagi angka 0,5 -0,5. Keduanya lolos ke Pomnas.

Kategori beregu putra, pemenangnya Regu Unsyiah dengan pemain M. Haris Syahputra, Muhammad Ikram, Komia Pasi dan M. Dhiyauddin setelah menundukkan Regu Unimal 6-2 dalam laga dua babak hitam-putih (3-1, 3-1). Beregu putri juga dari Unsyiah yang bermaterikan pemain Sastika Amalia, Syarifah Izzati, Dina Firmadiana dan Agus Winarsih.

Tehnical Delegate Cabang Olahraga Catur Selekda Pomnas, Dian Maulana, S.IP, WNP mengatakan sesuai petunjuk teknis (Juknis) dari Bapomi Aceh yang mengadakan Selekda, untuk Cabor catur juara satu dan dua seleksi kategori perorangan putra dan putri untuk persiapan ke Pomnas.

Dian demikian sapaan akrab wasit nasional pratama ini, lebih lanjut mengungkapkan untuk beregu dipersiapkan masing-masing satu regu putra dan putri. 

"Dari seleksi ini mendapatkan hasil peringkat pecatur yang sudah kita serahkan ke Bapomi," sebut mantan Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Catur Unsyiah ini.

Ketua Dewan Pertimbangan UKM Catur Unsyiah ini, mengatakan persaingan antar pecatur dalam Selekda yang dipimpin Inspektur Pertandingan (IP) Sudirman Mansyur, PNM, WNM berlangsungcukup ketat, karena para pecatur memiliki kemampuan merata dan berimbang. 

"Kegiatan seleksi berjalan lancar dan menghasilkan pecatur peringkat terbaik sesuai yang diharapkan," pungkas sarjana ilmu politik alumni Unsyiah tahun 2016 ini.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Selekda, Drs. M. Nasir Ibrahim  mengungkapkan Selekda yang berlangsung 22-26 Agustus mempertandingkan 14 cabang olahraga. Diikuti 692 atlet utusan dari 24 perguruan tinggi negeri dan swasta di Provinsi Aceh.[DW]

Baca Juga