Elemen Sipil Pidie Galang Dana Untuk Rohingya

PIDIE - Gabungan elemen masyarakat sipil Pidie menggelar tabligh akbar dan penggalangan dana untuk Muslim Rohingya, Selasa malam (12/09/2017),  dipusatkan di Masjid At Taqwa Sigli.

Koordinator acara, Ns. Mirzal Tawi, MKM, yang juga Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Pidie menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama beberapa lembaga sipil yang ada di Pidie, yaitu PD Pemuda Muhammadiyah Pidie, Komite nasional Solidaritas Rohingya (KNSR) Aceh, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Pidie, LSM JARA, HMC Wound Care Center, BEM Akper Jabal Ghafur Sigli, BEM Stikes Medika Nurul Islam, dan Alkaysan Pro Sigli.

Mirzal Tawi menambahkan bahwa tabligh atau ceramah disampaikan oleh Ustadz Mustafa MY Tiba yang juga Ketua KNSR Aceh. Ustadz Mustafa MY Tiba dalam ceramahnya mengatakan saat ini di Rakhine Myanmar telah terjadi kedzaliman yang luar biasa dan itu terjadi sejak puluhan tahun lalu.

Oleh karena itu, kata ustadz Mustafa, kita ummat Islam di Aceh, Indonesia dan seluruh dunia perlu menaruh perhatian terhadap Muslim Rohingya.

"Apalagi Nabi mengatakan, orang yang tidak perhatian terhadap urusan kaum muslimin, sekalipun jaraknya jauh, kata Nabi, orang itu belum termasuk golongan umatku (Islam)," jelasnya.

Masih kata Ustadz Mustafa, dengan hadits lain bahwa sesungguhnya orang beriman itu saudara.

"Siapapun dia meski berbeda suku atau bahasa, manakala sudah syahadat itu adalah saudara kita, dan kita seperti satu tubuh jika ada bagian tubuh yang sakit maka semua ikut sakit," ujarnya.

"Saat ini kita ikut merasakan derita umat Islam Rohingya yang sedang terlunta-lunta rumahnya dibakar, bahkan masjid ketika digunakan untuk shalat berjamaah juga dibakar, kita meneteskan air mata mendengarnya. Kalau kita tidak merasa simpati dan peduli sedikit pun penderitaan saudara-saudara kita, perlu dipertanyakan hati nurani kita, perlu dipertanyakan iman dan Islam kita," ungkap Mirzal Tawi mengutip ceramah ustadz Mustafa MY Tiba.

Ustadz Mustafa MY Tiba juga mengajak jamaah untuk mendoakan, mudah-mudahan umat Islam khususnya di Rohingya diberikan kekuatan dan pertolongan Allah SWT.

Sementara Syahrul Fuadi selaku bendahara kegiatan yang juga Ketua MRI Pidie didampingi Iskandar Arahman, Ketua LSM JARA selaku sekretaris mengatakan dalam kesempatan itu dilakukan juga penggalangan dana untuk membantu Muslim Rohingya.  Alhamdulillah dana yang terkumpul lebih dari 20 juta rupiah.

"Kita masih menerima sumbangan/infaq/sedekah dari kaum muslimin muslimat sampai seminggu kedepan, boleh diserahkan langsung melalui pengurus masjid At Taqwa Muhammadiyah Sigli ataupun transfer melalui nomor rekening : 1580003342268, Bank Mandiri Cab.Sigli, atas nama Mirzal Tawi. Konfirmasi sms atau WA melalui nomor HP 085297969404," ujar Syahrul Fuadi.[*]

Baca Juga