IGI Gelar TOT Membuat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Digital

ACEH TIMUR - Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Aceh Timur kembali mengadakan Kegiatan Training of Trainer (TOT) Evaluasi Pembelajaran Berbasis Digital, Kamis (07/09/2017). Kegiatan ini dilaksanakan di SMK Negeri Darul Aman Kabupaten Aceh Timur yang diikuti 50 orang peserta dari berbagai tingkatan sekolah yaitu SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA yang dibimbing langsung oleh Master Casio Indonesia dan juga merupakan Ketua IGMP Pusat, Khairuddin Budiman, S.Pd, M.Pd. 

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini yaitu membuat evaluasi pembelajaran dengan menggunakan iSpring Powerpoint, peserta TOT sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Bahkan disaat pelatihan selesai, masih juga ada peserta yang masih betah duduk untuk menyelesaikan evaluasi berbasis ispring tersebut. Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan dapat menghasilkan produk yang nantinya dapat digunakan sebagai media evaluasi digital di sekolahnya masing-masing. 

Kegiatan Workshop dibuka oleh Wakil Ketua IGI Pusat Regional Sumatra Nudin, S.Pd, MA. Dalam sambutan ia mengatakan keberadaan IGI di Indonesia terutama di Aceh Timur adalah salah satu bukti nyata bahwa IGI terus membantu pemerintah dalam meningkatkan kompetensi guru. 

"Walaupun selama ini anggaran yang digunakan untuk semua kegiatan tidak bersumber dari Pemerintah tapi mutlak dari partisipasi para guru sendiri dan ini merupakan ciri khas IGI," ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia, Aiyub, S.Pd, dalam laporannya mengucapkan sangat berterimakasih kepada peserta yang telah mengikuti kegiatan ini secara antusias dan berharap workshop yang telah dipelajari hari ini untuk bisa diaplikasikan dalam proses pembelajaran sehari hari. 

"Yang paling penting adalah setiap peserta wajib menyelesaikan produknya untuk bisa memperoleh sertifikat pelatihan," jelasnya.

Sedangkan Ketua Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Aceh Timur Fitriadi, M.Pd, mengatakan pelatihan yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu program IGI dalam meningkatkan mutu para guru.

"Hal ini menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah dan organisasi profesi untuk terus dapat membantu para guru dalam meningkatkan kemampuan mereka terutama dalam bidang IT. Apalagi hari ini guru berada pada abad 21, tentunya mereka juga harus dapat menyesuaikan kemampuan yang dimilikinya," kata dia.

Salah seorang peserta TOT dari SMKN 1 Darul Aman, Ns Rahmita Sari, S.Kep, sangat mengapresiasikan apa yang telah dilakukan IGI hari ini, apalagi di era digital seperti sekarang ini. 

"IGI telah membantu kami guru dalam menjawab tantangan zaman. Aplikasi yang kami pelajari hari sangat menarik. Saya akan aplikasikan di sekolah saya. Semoga ke depan saya akan dapat ikut serta dalam pelatihan-pelatihan selanjutnya yang diselenggarakan oleh IGI Aceh Timur," sebutnya penuh harap.[Red]

Baca Juga