Jelang Musim Tanam Rendengan, Jeumpa Kebut Panen Padi

ABDYA - Jelang dilaksakan musim tanam padi rendengan tahun 2017, sebagian petani di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kebut panen dengan memakai alat mini combine dan manual.

Kepada LintasAtjeh.com, Rabu (06/09/2017), Koordinator Penyuluh Kecamatan Jeumpa T. Dahlian, SP, menyebutkan khusus untuk 12 desa di Kecamatan Jeumpa diperkirakan yang sedang panen padi saat ini hingga dua pekan kedepan mencapai 350 hektar dari luas lahan 947 hektar. Sedangkan yang lain selesai dipanen sebelum Hari Raya Idul Adha.

"Saat ini di Jeumpa mulai dikebut potong padi dengan mini combine. Mengingat pelaksanaan musim tanam rendengan dalam waktu dekat segera dimulai," kata Dahlian.

Lanjut Dahlian, untuk kesiapan musim tanam rendengan tahun 2017, diakuinya, mantri tani, penyuluh dan perangkat lainnya siap menyukseskan pogram tersebut dengan catatan semua alsintan (alat sistem pertanian) yang dibutuhkan dalam keadaan siap pakai.

Katanya lebih lanjut, kesiapan alat seperti traktor 4 WD dan mini combine (mesin pemotong padi) serta kebutuhan lain yang dibutuhkan harus dipersiapkan Pemerintah secara matang. Sehingga tidak terjadi seperti saat ini, petani harus antri alat pemotong padi.

"Secara keseluruhan Kecamatan Jeumpa siap, tinggal saja menunggu usai panen. Mudah-mudahan sesuai dengan waktu yang ditargetkan, sehingga program selanjutnya berjalan tepat waktu," demikian sebut Dahlian.[ADI S]

Baca Juga