Pembinaan Olahraga Remaja Kodim Aceh Selatan Jauhkan Pengaruh Negatif 

ACEH SELATAN - Pembinaan fisik dengan melakukan olahraga sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apalagi bagi yang memiliki pekerjaan ekstra. Ketahanan fisik sangat penting. Berbagai bentuk olahraga sangatlah baik dilakukan, walaupun sibuk sempatkan sedikit waktu untuk berolahraga.

Seperti yang dilakukan anggota Makodim 0107/Aceh Selatan bersama remaja dan anak-anak Asrama Kodim (Remako) melakukan olahraga bola voli di lapangan voli Asrama Kodim Desa Pasar, Kecamatan Tapaktuan, Selasa (26/09/2107).

Remaja Kodim merupakan generasi muda yang tergabung didalamnya anak-anak dari prajurit Kodim serta kerabatnya yang tinggal di asrama. Mereka adalah tanggungjawab dan binaan Kodim 0107/Aceh Selatan dalam melakukan setiap aktivitas.

Pembinaan dalam bidang olahraga rutin dilaksanakan. Bahkan Remako sendiri sangat aktif dalam berbagai bentuk olahraga, partisipasinya dalam setiap turnamen dan event yang diselenggarakan pemerintah daerah tidak pernah absen.

Bukan hanya olahraga, Remako juga memiliki komunitas seni yang bergabung bersama ibu-ibu Persit. Ada banyak potensi yang dimiliki remaja Kodim. Akan tetapi potensi itu perlu dikembangkan dengan pembinaan sehingga dapat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan prestasi olahraga dan pemuda.

Selaku Ketua Remako, Pelda Erfin Sormin berpendapat bahwa dengan perkembangan jaman yang semakin pesat. Ada sisi negatif yang memengaruhi generasi muda.

"Dengan menggalakkan olahraga bagi generasi muda adalah merupakan solusi menjauhkan mereka dari pengaruh negatif terlebih Narkotika," terang Pelda Erfin Sormin.

Sementara Praka Anta Brata selaku official tim dalam setiap event kegiatan olahraga yang diikuti oleh Kodim 0107/Asel menyampaikan bahwa kegiatan olahraga seperti bermain voli ataupun bola kaki bukan hanya dilaksanakan pada saat mengikuti perlombaan atau turnamen saja.

"Olahraga raga rutin kita laksanakan setiap sore, ini untuk pembinaan juga untuk persiapan menghadapi event di luar sana, sekarang kita sedang melakukan latihan voli bersama anak-anak Asrama," ujar Anta.

Harapan Praka Anta, atas keseriusan dalam menggalakkan olahraga dan memotivasi generasi muda yang ada di Aceh Selatan dapat kiranya Pemerintah Daerah dalam hal ini dinas olahraga dan kepemudaan memberikan kepedulian dan aktif serta bersinergi dengan organisasi olahraga yang ada di Kabupaten seperti Organisasi Olah Raga dan Kepemudaan Remako (Remaja Kodim).

"Remako punya tim bola kaki dan bola voli serta futsall, selalu aktif dalam pembinaan dan latihan. Semoga bisa kita orbitkan untuk membawa nama Kabupaten Aceh Selatan ke kancah lebih tinggi, mari kita kembalikan prestasi olahraga," imbuhnya.

Menurutnya, banyak cara yang dapat ditempuh apabila ada keyakinan dan keseriusan Pemda dalam meningkatkan kontribusi dalam membangun kemajuan olahraga dari tingkat daerah hingga pusat. Selain pembinaan, salah satunya dengan memberikan bantuan berupa fasilitas olahraga seperti bola, net, pakaian olahraga dan lain sebagainya. 

"Hal tersebut tidak cukup berat untuk direalisasikan, mengingat potensi dan minat Remaja Kodim yang sangat tinggi dalam menciptakan suasana olahraga. Serta untuk menghindari generasi muda dalam melakukan perbuatan menyalahi hukum seperti kriminal yang semakin marak terjadi," ungkapnya.[Red]

Baca Juga